Marhaban Ya Ramadhan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1439 H Mohon Maaf Lahir & Batin Minal Aidzin Wal Faidzin.

Pantau Perkembangan Pertumbuhan Padi, Kopda Mardi Dampingi Poktan 

ACEH SELATAN - Pertumbuhan tanaman padi yang memasuki masa remaja terus dilakukan pemantauan oleh Babinsa Koramil 10/Labuhanhaji Barat Kopda Mardi di arel pesawahan Desa Blang Baru,  Kecamatan Labuhanhaji Barat, Sabtu (24/02/2018).

Tampak, padi yang hijau  tumbuh subur di lahan sawah seluas 98 hektar. Babinsa saban hari mendampingi Poktan bersama Poktan dalam rangka masa pemeliharaan tanaman padi.

Diketahui, keseluruhan luas lahan pesawahan yang ditanami padi ini berjumlah 98 hektar yang dikerjakan oleh sejumlah Poktan yang ada di Desa Blang Baru.

Kopda Mardi Is menyampaikan bahwa pemantauan terhadap tanaman padi dengan maksud untuk dapat mengontrol dan mengetahui perkembangan kesuburan tanaman, serta mewaspadai terhadap penyebaran hama dan penyakit pada tanaman padi.

"Dengan turun langsung ke sawah, kita bisa jadikan tolak ukur atas kondisi perkembangan tanaman padi sehingga kita tahu tingkat kesuburannya. Jika ada kendala dapat segera diatasi," ungkapnya.

Sampai saat ini, kata Kopda Mardi, tanaman padi masih sangat normal meskipun ada beberapa kendala seperti serangan hama tikus dan lain sebagainya. Namun secara keseluruhan sangat baik apalagi kapasitas air sangat mencukupi.

"Kita waspadai serangan hama tikus, kalau untuk air sangat mencukupi karena tersedianya iringasi dan parit yang setiap hari mengaliri air ke pesawahan," demikian jelas Kopda Mardi.[Red]

Baca Juga