LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Sampaikan Keluhan Rakyat, Mat Rais Minta Pemerintah Bangun Jalan Lokop - Peureulak

ACEH TIMUR - Masyarakat di tiga kecamatan dalam Kabupaten Aceh Timur meminta pemerintah memperbaiki jalan yang menghubungkan Lokop - Peureulak sepanjang 80 kilo meter.

Anggota DPRK Aceh Timur, Mat Rais kepada LintasAtjeh.com, Senin (26/02/2018), di Idi mengatakan, kondisi jalan yang menghubungkan Kecamatan Rantau Peureulak, Peunarun dan Serbajadi sangat memprihatinkan. Dimana, terdapat banyak "kubangan" di badan jalan tersebut.

"Ini realita, masyarakat mengeluh dan menyampaikannya pada kami saat masa reses. Bayangkan jarak 80 KM harus ditempuh selama 4 jam berkendera," papar politisi Partai NasDem ini.

Untuk itu, lanjut dia, masyarakat di tiga kecamatan tersebut berharap kepada Gubernur Aceh dan Bupati Aceh Timur agar memperhatikan ruas jalan yang dimaksud. 

"Kita berharap ada perbaikan secepatnya. Bila belum tersedia anggaran, minimal dilakukan penimbunan pada sejumlah lubang di badan jalan itu. Jika ada dana, diaspal lebih bagus," ucap Mat Rais menyuarakan aspirasi masyarakat.

Mat Rais mengatakan, ruas jalan yang rusak parah terdapat dibeberapa titik, diantaranya desa Seumanah Jaya Kecamatan Rantau Peureulak, desa Peunarun Lama Kecamatan Peunarun dan desa Bunian Kecamatan Serbajadi. Ekses dari berkubangnya lintasan Lokop - Peureulak berdampak pada sulitnya jalur transportasi menuju daerah pedalaman Aceh Timur tersebut.

"Sangat disayangkan bila ada warga yang hamil serta harus dirujuk ke Rumah Sakit di Idi. Bisa-bisa melahirkan di perjalanan karena kondisi jalanan yang sulit dilewati ini," ungkapnya.

Selain itu, sejumlah komoditi hasil pertanian rakyat sulit di bawa keluar dari daerah pedalaman menuju Peureulak atau diangkut ke Medan, Sumatera Utara.

"Areal pertanian yang begitu luas di sana. Tapi hasil bumi itu sulit dibawa keluar karena akses jalan yang rusak. Tidak sedikit mobil truck pengangkut terperosok dalam lubang di badan jalan," jelasnya.

Karenanya, ia sangat berharap Pemerintah Aceh maupun Aceh Timur bisa segera menindaklanjuti keluhan masyarakat Serbajadi, Peunarun dan Rantau Pereulak tersebut.[Nas]

Baca Juga