LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Dovizioso Jawara dan Sukses Taklukkan Sirkuit Losail

DOHA - Andrea Dovizioso sukses memenangi seri pembuka MotoGP 2018 di Qatar. Pebalap Ducati itu akhirnya bisa menaklukkan Sirkuit Losail.

Dovi, yang musim lalu menjadi runner kejuaraan dibawah pebalap Repsol Honda Marc Marquez, tampil apik di Sirkuit Losail, Qatar, Minggu (18/03/2018). Meski startnya kurang mulus, perlahan tapi pasti rider Italia itu melesat ke posisi terdepan.

Start dari posisi lima, Dovi sempat melorot ke posisi tujuh di awal perlombaan. Pebalap Monster Yamaha Tech3, Johann Zarco, yang bisa memimpin jalannya race sejak awal.

Sampai akhirnya di lap ke-18, Dovi bisa menyalip Zarco. Dovi pun mempertahankan posisinya hingga finis, meski sempat mendapat ancaman dari Marc Marquez di tikungan terakhir. Dovi mencatat waktu 42 menit 34.654 detik, dibuntuti Marquez yang jadi runner up, serta pebalap Yamaha Valentino Rossi di peringkat tiga.


Kemenangan ini membuat Dovi akhirnya bisa menaklukkan Qatar. Sebelumnya sejak 2015, berturut-turut Dovi selalu keluar jadi runner up di seri pembuka MotoGP tersebut.


"Saya meraih tiga kali posisi kedua [di tahun-tahun sebelumnya di Qatar], jadi sebelum datang ke sini, rasanya saya memiliki kewajiban untuk menang," kata Dovi kepada BT Sport seperti yang dilansirAutosport.


"Motornya bekerja sangat baik sehingga lebih mudah dari sebelumnya. Ban depan kami bekerja sangat baik, motor dan gaya balapan saya sangat bagus untuk ban."


"Tapi bagian belakangnya sangat lunak, lebih lunak dari tahun lalu yang paling lunak. Itu sebabnya kami tidak bisa bersaing di lebih dari setengah balapan, itu sebabnya saat Johan Zarco berada di depan, tidak ada yang bisa memberinya tekanan."

"Di lap terakhir saat ingin membuat perbedaan, sebab saya sedang memegang kendali balapan, saya tidak punya cengkraman pada ban. Saya membuat waktu lap, di bawah 55 detik, tapi itu tidak cukup untuk membuat jarak. Itu bagian terburuk dari race sebab itu menunjukkan Honda sudah berkembang dan ada Marquez di sana," paparnya.

Kemenangan ini juga membuat Dovi memimpin klasemen MotoGP dengan raihan 25 poin, diikuti Marquez (20) dan Rossi (16). Seri kedua MotoGP 2018 akan digelar di Argentina, 8 April mendatang.[DetikNews]

Baca Juga