LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Enam Rumah Dhuafa akan Direnovasi dalam TMMD 101

ACEH TIMUR - Sebanyak enam unit rumah dhuafa tidak layak huni dipastikan akan direnovasi pada kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 yang akan di gelar di Desa Pante Rambung, Kecamatan Pante Bidari, Kabupaten Aceh Timur. 

Hal itu disampaikan Komandan Kodim 0104/Atim Letnan Kolonel Inf Muhammad Iqbal Lubis, Jumat (09/03/2018) usai menerima laporan atas peninjauan lapangan oleh Pasiter Kodim 0104/Atim Kapten Inf Czi Karsono pada Kamis kemaren.

"Keenam rumah warga Desa Pante Rambung tersebut sangat tidak layak untuk ditinggali. Karena kondisinya berlantaikan tanah dan beratapkan daun rumbia yang sudah kering dan bolong," ujar Dandim. 

"Sementara dinding rumah dari papan yang sudah lapuk dan habis dimakan rayap. Bahkan yang paling miris, ada satu unit rumah yang hanya berukuran 2x3 meter mencakup satu kamar tidur, tempat memasak dan semuanya di ruangan itu," tambah Dandim.

Dandim menjelaskan, TMMD ke 101 ini merupakan salah satu program TNI yang dalam pelaksanaannya bekerjasama dengan Pemerintahan Daerah (Pemda) Kabupaten Aceh Timur. Untuk sumber dana kegiatan didukung dari Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) dan Pemkab Atim dan langsung dipertanggungjawabkan oleh Komandan Korem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Agus Firman Yusmono, S.Ip, M.Si. 

"Dengan anggaran yang ada, saat ini kita hanya dapat membedah sejumlah enam unit rumah disamping pembangunan sarana dan prasarana lain yang direncanakan pada TMMD ke 101," terang Dandim.

"Pelaksanaan TMMD ke 101 akan dikerjakan selama 30 hari mulai minggu keempat pada bulan Maret ini. Namun untuk dapat memenuhi target dalam pelaksanaannya nanti, kita mengadakan Pra-TMMD yang akan digelar selama 14 hari sebelum hari H," tutup Dandim.[Sm]

Baca Juga