LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Maju Calon Geuchik, Munawar Ingin Sejahterakan Masyarakat

LANGSA - Mengabdi sebagai geuchik adalah panggilan jiwa. Menyejahterakan warga gampong merupakan tujuan utamanya. Namun, semua berpulang pada kepercayaan rakyat sebagai pemilih.

Hal itu diungkap calon Geuchik Gampong Sungai Pauh Tanjung, Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa nomor urut dua, Munawar, ST kepada awak media usai penyampaian visi dan misi kandidat yang digelar Panitia Pemilihan Geuchik setempat, Minggu (25/3/2018).

Bagi Munawar, keikutsertaan dirinya sebagai salah satu kontestan Pilchik tak terlepas dari rasa tanggung jawab sebagai warga guna menyambung estafet kepemimpinan tampuk pemerintahan gampong setempat, yang telah berakhir masa jabatannya.

Karenanya, ia merasa terpanggil untuk melanjutkan program pembangunan yang sudah dilaksanakan dan memperbaiki kelemahan-kelemahan yang masih dirasa perlu, terutama terkait pemberdayaan ekonomi, pemeretaan pembangunan dan peran aktif masyarakat dalam pengambilan kebijakan gampong.

"Geliat pembangunan di Sungai Pauh Tanjung terus meningkat, kedepan perlu dilakukan terobosan baru menyesuaikan kebutuhan dan dinamika yang berkembang. Muaranya kesejahteraan bersama segenap warga gampong," ujar Munawar yang saat ini masih aktif sebagai wartawan Harian Waspada itu.

Dikatakan, dirinya telah menyusun konsep visi dan misi dengan memperhatikan kondisi kekinian gampong. Adapun visi yang diusung yakni, "Terwujudnya gampong yang tentram, maju, makmur dan berkeadilan."

Guna mencapai visi tersebut, Munawar telah menyusun rencana aksi kerja melalui rangkuman misi yang meliputi ; Pertama, melanjutkan program-program yang telah dilaksanakan oleh pemerintah gampong periode lalu. 

Kedua, memberdayakan semua potensi yang ada di masyarakat seperti, pemberdayaan sumber daya manusia serta sumber daya alam (SDA) dan memeberdayakan perekonomian masyarakat.

Tiga, menciptakan kondisi masyarakat Gampong yang aman, tertib, dan rukun, dalam kehidupan bermasyarakat dengan berpegang pada prinsip-prinsip yaitu, bersama membangun gampong berdasarkan musyawarah mufakat.

Selanjutnya, keterliatan aktif masyarakat dalam segala aspek  pembangunan. Peran aktif masyarakat dalam menjaga kerukunan, toleransi dan kamtibmas


Keempat, optimalisasi penyelenggaraan pemerintah Gampong yakni, penyelenggaraan pemerintahan yang transparan dan akuntabel. Pelayanan prima kepada  masyarakat secara cepat, tepat dan benar.

Seterusnya, pelaksanaan pembangunan yang berkesinambungan dan mengedepankan partisipasi dan gotong royong masyarakat. Mengupayakan Gampong Sungai Pauh Tanjong sebagai gampong percontohan dibidang Syariat Islam.

Lima, memberikan beasiswa kepada siswa berprestasi baik tingkat sekolah dasar hingga menengah atas, bagi yang meraih juara satu sampai tiga besar. Kemudian, menyalurkan santunan pendidikan bagi santri yang belajar di berbagai pondok pesantren/dayah di luar Kota Langsa senilai Rp1 juta perorang/tahun.

"Penyaluran beasiswa maupun santunan pendidikan ini tentu bersumber pada anggaran dana desa. Sehingga sektor pendidikan menjadi perhatian dalam upaya meningkatkan SDM," urai Munawar yang masih menjabat Wakil Sekretaris DPD II KNPI Kota Langsa ini.

Terkait peningkatan ekonomi, tambah dia, koperasi menjadi solusi atas persoalan ketersediaan modal usaha bagi pelaku industri rumah tangga, warung maupun geliat ekonomi mikro lainnya, tutup calon geuchik bersahaja itu.

Sementara itu, anggota panitia pemilihan geuchik setempat, Sudirman Yahya menyampaikan, pihaknya telah menerima pendaftaran sebanyak lima orang calon geuchik.

Dimana, kata dia, kelimanya sudah memenuhi sejumlah persyaratan yang ditetapkan sebagai calon, termasuk uji mampu baca al-quran.

Kelima calon tersebut yakni, Eliadi (nomor urut 1), Munawar (2), Feriansyah (3), Mustafa (4) dan Mukhlis (5). "Mereka sudah melalukan penarikan nomor urut dan saat ini penyampaian visi dan misi," jelas Sudirman Yahya.

Selanjutnya, masa kampanye calon dimulai sejak tanggal 1-5 Mei 2018. Dimana, pemungutan suara dilaksanakan serentak tanggal 9 Mei mendatang.[Mahfud]

Baca Juga