LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Posramil Kluet Tengah Bersihkan Monumen Manggamat Bersama KP2LH 

ACEH SELATAN - Posramil 11/Kluet Tengah bersama Komunitas Pemuda Peduli Lingkungan Hidup (KP2LH) Kluet Tengah melaksanakan kegiatan Jum'at Bersih di lingkungan Desa Koto, Kecamatan Kluet Tengah, Jum'at (23/03/2018).

Dalam kegiatan bersih-bersih tersebut, selain personil Koramil, KP2LH juga melibatkan Camat Kluet Tengah, Polsek serta guru dan siswa SMP Negeri 1 Kluet Tengah dan serta masyarakat Desa Koto.

Adapun yang menjadi sasaran pembersihan yang berada di Desa Koto antara lain fasilitas umum, tempat pembuangan sampah, parit serta monumen bersejarah tragedi kemanusiaan Manggamat.

Aksi bersih-bersih yang dilaksanakan oleh sejumlah anggota TNI dari Posramil Manggamat bersama KP2LH memberikan pesan kepada seluruh masyarakat untuk menjaga alam tetap lestari.

Ketua KP2LH Masyitah menyampaikan kegiatan bersih-bersih mengajak masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan, sesuai slogan "Mari Kita Mulai Hari Ini Untuk Menjaga Alam Kita Tetap Lestari".

Ia juga mengatakan sangat tidak layak sampah-sampah menumpuk di belakang monumen bersejarah di Kluet Tengah itu.

"Monumen itu adalah bukti sejarah bagi warga Manggamat. Oleh karena itu, kami dari KP2LH bersama Pemerintah Desa Koto menginisiasi pembersihan sampah yang berada di kawasan itu," kata Masyitah.

"Kegiatan yang dilaksanakan tadi berhasil mengumpulkan dan membuang sampah plastik sebanyak 2 mobil pick up ke TPA sementara," tambahnya.

Setelah semua sampah berhasil dibersihkan, KP2LH memasang baliho yang berisi ajakan untuk menjaga kebersihan lingkungan dan himbauan untuk tidak lagi membuang sampah di seputaran monumen tersebut.

"Kedepan kami akan mendorong Pemdes untuk membuat regulasi terkait pengelolaan sampah di masing-masing desa," pungkasnya.[Red]

Baca Juga