LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tamiang Bangkitkan Kembali Budaya Gotong Royong

ACEH TAMIANG - Gotong royong merupakan budaya dan kepribadian bangsa yang dulunya telah berakar kuat dalam kehidupan masyarakat di seluruh persada nusantara, termasuk di kabupaten yang bergelar Bumi Muda Sedia. 

Seiring dengan berjalannya waktu, budaya gotong royong yang berupakan salah satu kekuatan bangsa, telah mulai memudar dan mulai ditinggalkan. Hal itu, tidak lain karena disebabkan masuknya pengaruh dari budaya luar yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia. 

Budaya individualisme dan materialisme semakin merambah ke setiap daerah. Begitu juga halnya yang terjadi di Kabupaten Aceh Tamiang. Penggunaan uang atau dana telah menjadi tolak ukur yang utama dalam setiap kegiatan kemasyarakatan. 

Dalam upaya membangkitkan kembali budaya gotong royong yang selama ini telah mulai menghilang, Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tamiang periode 2017-2022, H. Mursil, SH,M.Kn dan H.T Insyafuddin ST, memunculkan kegiatan Jum'at bersih dengan melaksanakan berbagai agenda pembersihan lingkungan secara massal atau bersama-sama.

Pantauan LintasAtjeh.com, Jum'at (20/04/2018), terlihat Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil, SH,M.Kn dan H.T Insyafuddin ST, beserta seluruh aparatur sipil negara (ASN) juga pegawai daerah dengan perjanjian kerja (PDPK) atau pegawai kontrak di lingkungan Pemkab Aceh Tamiang menggelar kegiatan gotong-royong massa di sejumlah titik dalam kawasan Kota Kualasimpang. 

Seluruh ASN dan PDPK dari semua SKPK berkumpul di Simpang Tugu Kota Kualasimpang, mulai pukul 07.30 WIB. Setelah mendapatkan arahan dari Wakil Bupati Aceh Tamiang, H.T. Insyafuddin, ST, para ASN juga tenaga PDPK berbagi tugas di sejumlah lokasi yang ditentukan.

Bupati Aceh Tamiang, H, Mursil, SH, M.Kn, juga terlihat ikut melakukan gotong royong dan membersihkan saluran got di depan ruko yang dipenuhi banyak sampah. Tidak lama kemudian Wakil Bupati juga ikut membantu Bupati. 

Sementara itu, Sekda Aceh Tamiang, Ir Razuardi MT, bergotong royong di kawasan Simpang Bogor, Kota Kualasimpang. 

"Kita sebagai warga Aceh Tamiang harus sama-sama mendambakan dan mengupayakan agar Kota Kualasimpang bisa bersih dan indah, serta tidak banjir lagi. Salah satu upaya kita yakni dengan melakukan kegiatan gotong royong,seperti yang kita lakukan hari ini," demikian ungkap Bupati Aceh Tamiang.[ZF]

Baca Juga