-->




Lima Imigran Rohingya Dievakuasi ke Langsa

06 April, 2018, 22.42 WIB Last Updated 2018-04-06T15:44:23Z
LANGSA - Tiga dari lima orang imigran Rohingya asal Myanmar yang terdampar di peraiaran Aceh Timur, kini dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Langsa, Jum'at (06/04/2018). 

Direktur RSUD Kota Langsa, dr Fardhiyani kepada LintasAtjeh.com di Langsa menuturkan, pihaknya telah menerima rujukan tiga warga Myanmar yang sebelumnya sempat ditangani secara medis oleh RSUD Zubir Mahmud di idi, Kabupaten Aceh Timur.

"Ya, ada warga negara Myanmar yang dirawat di RSUD Langsa. Mereka dibawa oleh pihak Imigrasi Langsa," tutur Fardhiyani.

Disebutkan, ketiga etnis Rohingya tersebut menderita dehidrasi sehingga memerlukan perawatan hingga kondisi kesehatannya pulih kembali.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Langsa, Mirza Akbar mengatakan pihaknya menjemput kelima orang etnis Rohingya yang diselamatkan nelayan Aceh Timur, untuk dilakukan pendataan terhadap warga negara asing yang berada di wilayah kerjanya.


Dua di antaranya, kata dia, saat ini berada di Kantor Imigrasi Langsa untuk dikarantina sementara. Sedangkan tiga lainnya dirujuk ke RSUD Langsa untuk mendapat perawatan medis.

"Tiga orang yang berada di RSUD Langsa akan dibawa kembali ke Kantor Imigrasi Langsa ketika kondisi kesehatannya sudah kembali normal," katanya.

Mirza Akbar juga menjelaskan, pihak International Organization of Migration (IOM) telah menghubungi Kantor Imigrasi Langsa terkait keberadaan kelima etnis Rohingya asal Myanmar tersebut.

"Pihak IOM mungkin besok akan datang mendata imigran Rohingya dan bisa jadi akan dibawa ke Medan, Sumatera Utara guna dilakukan karantina sementara disana," terangnya.

Amatan LintasAtjeh.com, ketiga etnis Rohingya yang sedang dirawat di RSUD Langsa adalah Syamimah (25), Kamal Husen (8) serta Mominah (20). Sedangkan Umar Shidik (28) dan Muhammad Ilyas (33) saat ini berada di Kantor Imigrasi Kelas II Langsa.[Sm]
Komentar

Tampilkan

Terkini