LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Ustadz Abdul Somad, Ziarah ke Makam Abuya Syech Muda Waly di Labuhanhaji

ACEH SELATAN - Setelah mengisi dan menyampaikan Ceramah /Tabliq Akbar, di Dayah Bustanul Huda Blangpidie, Ustadz Abdul Somad, melanjutkan ziarah ke makam Abuya Syech H. Muda Waly Al-Khalidy, di Dayah Darussalam Al- Walyyah, Blang Poroh, Labuhanhaji Barat, Aceh Selatan, Sabtu (21/04/2018), sekira pukul 16.00 WIB.

Sampai di Dayah Darussalam Al.Walyyah, Ustadz Abdul Somad (UAS) di sambut langsung oleh anak Almarhum Abuya Muda Wali dan Abuya Mawardi Wali sebagai Pimpinan Dayah Darussalam.

Selain itu, turut juga didampingi oleh anak dari Abuya Muhibbudin Wali Tgk. Abi Hidayat Wali, para santri, serta para Jamaah yang ikut serta menyambut kedatangan UAS dengan membaca Shalawat badar bersama.

Kemudian, Ustadz Abdul Somad, melanjutkan Ziarah ke makam Abuya Syech Muda Wali, ia menceritakan bagaimana tentang kepribadian, serta bagaimana alimnya Alm Abuya Muda Wali dan anaknya Alm Abuya Prof. Muhibbudin yang kealimannya sangat terkenal di Mesir dan Kairo.
Dalam Khutbah singkatnya, di hadapan ribuan Santri Darussalam, menyampaikan bahwa Abuya Syech Muda Wali lebih kurang sudah 80  tahun beliau sudah Wafat, Meninggalnya Almarhum namun Syech Muda Wali masih di kenang oleh ummat bahwa telah melahirkan ratusan Dayah/Pesantren bahkan ribuan ulama di Aceh.

"Semuanya itu cikal bakal dari guru kita Abuya Syech Muda Wali, semua ilmu baik Fiqih, Tariqat, Tauhid, ilmu Tariqat Naqsyabandiyah di Dayah Darussalam Aceh pusatnya," terangnya.

"Tidak pernah melihat wajah dan belum pernah mencium tangan beliau (Abuya Muda Wali). Namun, tetap mengingat bahkan ziarah di makam beliau. Sebab kenapa? karena Abuya Muda Wali adalah silsilah dari guru-guru," jelas UAS.

Dari Dayah Darussalam Al. Walyyah Labuhan Haji Barat, Ustadz Abdul Somad dan para rombongan kembali ke Aceh Barat Daya (Abdya) menuju Pendapo Bupati Abdya. sekira pukul 17.30 Wib.

Seusai shalat Isya, Ustadz Abdul Somad kembali mengisi Tabliq akbar yang diselenggrakan oleh Pemkab Abdya di lapangan bola kaki Pulau Kayu, Kecamatan Susoh, pada pukul 20.30 WIB.

Seterusnya, Ustadz Abdul Somad keesok harinya menuju ke Nagan Raya dan Meulaboh Aceh Barat untuk mengisi ceramah akbar.[FA]

Baca Juga