LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Wakil Bupati Aceh Timur Resmi Membuka TMMD Reguler ke 101

ACEH TIMUR - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 secara resmi dibuka melalui Upacara Pembukaan oleh Wakil Bupati (Wabup) Aceh Timur Syahrul bin Sama'un yang digelar di Lapangan Bola Desa Pante Rambong, Kecamatan Pante Bidari, Kabupaten Aceh Timur, Rabu (04/04/2018).

Kegiatan yang bertemakan "TNI Manunggal Rakyat Membangun Karakter Dan Kemandirian Bangsa" itu dihadiri oleh Dandim 0104/Atim Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis, Kapolres Aceh Timur AKBP Wahyu Kuncoro, SIK, MH, Ketua DPRK Aceh Timur Marzuki Ajad, Kajari Idi diwakili Kasi Datun Kajari Idi Novit Irwansyah, Kepala BNNK Langsa AKBP Navri Yulenni, SH, Wakil Ketua DPRK Atim fraksi NasDem Samsul Akbar, SE, Kasiter Korem 011/LW Letkol Inf Yogi, BK. 

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Danyonif Raider Khusus 111/KB Letkol Inf Guruh Tjhayono, S.IP, Lead Security PT. Medco, Letkol Inf Safi'i, Kasdim 0117/Atam Mayor Inf Muhammad Yani, Dansub POM Langsa Lettu CPM Asep Saiful Bahri, SH, KakesbangPol Aceh Timur Adlinsyah, S.Sos, M.AP, Ketua KNPI Aceh Timur Muhammad Afwi, Danpos Kamla Idi Letda (L) Heri Budi Ariyanto, Ketua FKPPI Aceh Timur Bandi, SH, Kapolsek jajaran wilayah Polres Aceh Timur, Danramil dan Staf jajaran Kodim 0104/Atim, Perwakilan perusahaan dari BUMN dan Swasta serta SKPK Kabupaten Aceh Timur. 

Adapun susunan pasukan peserta upacara pembukaan TMMD ke-101 adalah 1 SSK Kodim 0104/Atim, 3 SSK Batalyon Raider Khusus 111/KB, 1 Regu Yon Korpashas 469, 1 Regu lanalse Lhokseumawe, 1 Regu Brimob Kompi Aramia, 1 SST anggota Polres Aceh Timur dan 1 SST Satpol PP Kabupaten Aceh Timur.                                       

Syahrul bin Syama'un dalam membacakan amanat Bupati Aceh Timur H. Hasballah bin M. Thaib, SH mengatakan Program TMMD adalah program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Kementerian, Lembaga Pemerintahan Non Kementerian dan Pemerintah Daerah (Pemda) serta segenap lapisan masyarakat. 

"Melalui Program ini diharapkan dapat mewadahi aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah pedesaan, sebab perencanaan TMMD selalu diawali dengan melibatkan berbagai instansi dan masyarakat sebagai pelaku dan pengguna hasil TMMD," ujarnya.

Lanjut dia, program TMMD telah membantu tugas Pemerintah Daerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta memanfaatkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara secara berkesinambungan. 

"Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan ketahanan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi segala bentuk ancaman yang muaranya akan berdaya guna bagi kepentingan pertahanan negara," jelasnya.

Program TMMD kali ini adalah hasil kerjasama antara TNI dengan Pemda kabupaten Aceh Timur dalam membangun sejumlah sarana dan prasarana desa diantaranya, pembukaan dan pengerasan jalan sepanjang 4x350 meter, pembuatan jembatan kanal "C" ukuran 4x12 meter, pembangunan satu unit Lapangan Volly, perehapan empat unit MCK dan bedah rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak enam unit. 

"Hal ini sejalan dengan tema TMMD ke-101. Semoga dengan terlaksananya TMMD ini nantinya masyarakat Kabupaten Aceh Timur semakin maju dan sejahtera," tandas Wakil Bupati Aceh Timur.

Acara ditandai dengan penyerahan sarana kontak kepada perwakilan TNI dan masyarakat. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan naskah kerjasama TMMD oleh Kadis PU Aceh Timur Mahyuddin kepada Komandan Kodim 0104/Atim Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis selaku Komandan Satuan Penugasan (Dansatgas).[Sm]

Baca Juga