LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

37 Peserta Ikut Pelatihan TBC, FKTP dan FKRTL

ACEH TIMUR - Sebanyak 37 peserta Pelatihan Tuberkulosis (TBC) Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehetan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL), di Hotel The Royal Idi, Kabupaten Aceh Timur, Kamis (10/08/2018).

Kegaiatan tersebut di buka secara resmi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Timur melalui Kabid P2P dr. H. Zulfikry yang diselenggarakan selama 4 hari dari tanggal 10 hingga 13 Mei 2018.

Tujuan kegiatan ini yaitu peningkatan kapasitas petugas untuk meningkatkan penemuan dan penatalaksanaan kasus TBC di Kabupaten Aceh Timur, dengan fasilitatornya yakni Dinkes Aceh Dr. Irawati, MKes, Dinkes Aceh Timur Dr. Zulfikry, Taufik Sandra, SKM, M.Epid, serta RIina Sriwahyuni, S.Kep, MKM.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Timur melalui Kabid P2P dr. H. Zulfikry mengatakan sebagaimana diketahui penyakit menular khususnya TBC, saat ini menjadi perioritas utama bidang Kesehatan. 

Selanjutnya, yaitu  masalah stunting dan cakupan imunisasi sesuai dengan arahan Presiden RI pada Rakerkesnas beberapa waktu lalu di Jakarta.

"Di Kabupaten Aceh Timur, saat ini ada 409 orang penderita TBC yang sedang ditangani oleh Jejaring Dinas Kesehatan, baik Puskesmas maupun RS di Aceh Timur," katanya.

Masih Kata dia, Dinas Kesehatan Aceh Timur terus melakukan upaya-upaya peningkatan kapasitas petugas dan kegiatan lainnya, seperti Supervisi, Monitoring dan Evaluasi program. Untuk menghasilkan yang terbaik bagi peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Dia menambahkan, kegiatan ini di danai dari Global Found yang merupakan salah satu lembaga sangat eksis dalam penguatan program TBC di Indonesia.

"Saya berharap kegiatan dapat meningkatkan penemuan kasus baru dan penanganan / penatalaksanaan kasus TBC (+) di masyarakat demi tercapainya Eliminasi TBC pada tahun 2030-2050," harap Zulfikry.[*]


Baca Juga