LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Babinsa Kodim 0107/Aceh Selatan Bantu Petani Pupuk Tanaman Jagung 

ACEH SELATAN - Salah satu tugas seorang Babinsa di desa binaannya adalah selain pelaksana Dan Ramil dalam melaksanakan fungsi pembinaan yang bertugas pokok melatih rakyat memberikan penyuluhan di bidang Hankam dan Pengawasan fasilitas dan prasarana Hankam di Pedesaan.

Babinsa juga selalu komit mendampingi petani dalam bercocok tanam baik itu menanam padi, jagung maupun lainnya untuk mengelola potensi geografi kewilayahan yang dimiliki suatu daerah.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 09/Trumon Kodim 0107/Aceh Selatan, Serda Suramto mengaplikasikan kemampuan Binter dengan membantu masyarakat memupuk tanaman jagung di lahan kebun Desa Teupin Tinggi, Kecamatan Trumon, Kamis (10/05/2018).


Informasi yang diperoleh media, lahan jagung tersebut adalah milik Suhemi warga Desa Teupin Tinggi yang lausnya mencapai 1,5 hektar. Tanam jagung saat ini sedang dalam proses pertumbuhan.

"Penananam jagung sudah dilakukan beberapa pekan lalu, kini dalam proses pertumbuhan dan mesti dijaga dan diberi pupuk," ucap Serda Suramto.

Dan tugas ini,  katanya, menjadi tanggungjawabnya sebagai Babinsa di desa binaan untuk terus memberikan pendampingan terhadap para petani.

"Sudah menjadi tanggung jawab kita juga sebagai Babinsa untuk terus membantu para petani dan kita juga terus pantau pertumbuhannya sampai panen nanti," ungkap.

Lebih lanjut, Serda Suramto mengatakan benih jagung yang di tanami warga adalah jenis benih jagung Pioner 35 yang dibeli oleh masyarakat itu sendiri.

"Biasanya petani ini ada bantuan benih dari pemerintah, tatapi dikarenakan saat ini belum ada warga berinisiatif untuk membeli benih sendiri," imbuh Serda Suramto.

Sehemi selaku pemilik lahan jagung merasa sangat berterima kasih kepada Serda Suramto yang telah ikut bantu memupuk tanaman jagung miliknya.

"Pak Suramto orangnya ringat tangan, suka membantu kami, beliau juga sangat ramah dengan kami, tanpa kami minta beliau mau bantu kasih pupuk jagung, saya sangat berterima kasih kepada TNI yang selama ini selalu bantu kami dalam hal pertanian," tutup Sehemi.

Baca Juga