Marhaban Ya Ramadhan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1439 H Mohon Maaf Lahir & Batin Minal Aidzin Wal Faidzin.

Disdikbud Abdya Himbau Kepala Sekolah Laksanakan Kegiatan Keagamaan

ABDYA - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) memasuki bulan Ramadhan 1439 Hijriah menghimbau para kepala SD/SMP untuk melaksanakan kegiatan keagamaan dan ujian semester.

Kepala Disdikbud Abdya,  Jauhari, S.Pd, mengatakan kegiatan keagamaan yang pelaksanaannya disesuaikan jadwal mulai tanggal 21 Mei 2018 s.d Juni 2018. 

"Jadi seluruh siswa SD dan SMP, saya menghimbau kepada rekan-rekan guru, kepala sekolah, pengawas, untuk ikut serta membimbing, mengasuh, mengarahkan dan mendidik anak-anak supaya bisa melaksanakan kegiatan keagamaan selama bulan Ramadhan tahun ini," katanya.

Jauhari menambahkan, dengan adanya kegiatan keagamaan ini merupakan wujud kepedulian dari dunia pendidikan untuk turut menciptakan dan meningkatkan ibadah selama bulan suci Ramadhan. 

“Ini adalah salah satu wujud kepedulian dan untuk membesarkan dan mencerdaskan anak-anak kita. Supaya anak kita dibekali ilmu agama hidupnya ini akan lebih terarah,” ujar Jauhari.

Lebih lanjut Jauhari menerangkan, adapun materi yang harus diikut siswa selama bulan puasa, yakni praktik dan pendalaman materi aqidah-akhlak, praktik membaca Al Quran, praktik berwudhu dan tayamum dan menyetor hafalan surat/ayat-ayat pendek.

Selain itu, harus ikut praktik pelaksanaan ibadah sholat fardhu/wajib dan sholat jenazah. Dirinya menginstruksikan kepada siswa untuk membuat buku cacatan kegiatan selama bulan Ramadhan dan ditandatangani oleh Tengku Imum masing-masing.

Menyangkut dengan jadwal kembali sekolah, Jauhari menekankan mempedomani pada surat keputusan bersama 3 (Tiga) kementrian, yakni mulai aktif kembali pada tanggal 21 Juni 2018.

“Untuk itu, pelaksanaan ujian sementar genap, pembagian rapor dan penerimaan siswa baru harap memperhatikan edaran bersama dinas pendidikan dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat Daya tentang penerimaan siswa baru dan ujian semester genap tahun 2018,” demikian terang Jauhari.[Adi S]

Baca Juga