Marhaban Ya Ramadhan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1439 H Mohon Maaf Lahir & Batin Minal Aidzin Wal Faidzin.

Fachrul Razi: E KTP di Lhokseumawe Berjalan Baik

LHOKSEUMAWE - Senator DPD RI asal Aceh H. Fachrul Razi, MIP, yang membidangi masalah Kependudukan dan Catatan Sipil melakukan kunjungan Ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Lhokseumawe.

Kunjungan tersebut dalam rangka melihat perkembangan E- KTP di beberapa Kota termasuk di Aceh, yang turut didampingi oleh Kepala Disdukcapil Kota Lhokseumawe, Taufik.

Dalam kesempatan itu, Fachrul Razi mengatakan bahwa upaya menjalankan surat dari Kementrian Dalam Negeri untuk percepatan penyelesaian perekaman e-KTP dan cakupan kepemilikan akta kelahiran dilaksanakan dengan baik oleh Pemerintah Kota (Pemko) Lhokseumawe.

"Proses pelaksanaan perekaman E-KTP  oleh Pemko Lhokseumawe berjalan dengan baik," kata Senator Fachrul Razi.

Selain itu, ia juga memberikan apresiasi atas kinerja baik yang dilakukan dalam rangka mempercepat proses perekaman E- KTP dan akte kelahiran.

“Saya memberikan apresiasi dan ini akan menjadi prestasi diatas persentase nasional,” jelasnya.

Selanjutnya, ia mendapatkan informasi bahwa terkait pelaksanaan proses perekaman e-KTP pihak Pemko Lhokseumawe melakukan upaya penjemputan bola terhadap perekaman kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di desa-desa.

"Upaya agar masyarakat yang telah wajib memikili indentitas kependudukan agar dapat memiliki E-KTP yang dilakukan oleh Pemko Lhokseumawe ini sangat positif," ungkap Fachrul Razi, MIP, Senator DPD RI asal Aceh.

Dia menambahkan, kegiatan percepatan perekaman e-KTP juga untuk kebutuhan pelaksanaan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 agar dapat berlangsung sukses. 

"Jadi upaya mempercepat perekaman/pembuatan E-KTP harus dilakukan supaya seluruh warga yang telah wajib memiliki KTP dapat memiliki E-KTP," ungkapnya.

Berdasarkan data per April 2017 jumlah masyarakat empat kecamatan dalam wilayah Pemko Lhokseumawe yang wajib memiliki KTP tercatat 127.545 orang dan yang sudah melakukan perekaman  E-KTP 114.053 orang, sisa 13.492 orang sampai sekarang belum melakukan perekaman E-KTP.

Sementara itu, Plt Disdukcapil Kota Lhokseumawe Taufik juga menyampaikan berdasarkan Perpres No.2/2015 Ttg RPJM 2015-2019, bahwa target capaian Akta kelahiran secara Nasional tahun 2018 sebesar 85% umur 0-18 tahun. 

“Alhamdulillah usaha keras petugas disdukcapil kota Lhokseumawe melakukan jeput bola kesekolah kita sudah diatas target yaitu 91,9% dan perekaman KTP-EL 87,59%,” jelasnya.[*]

Baca Juga