LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

FPRM Minta Dinkes Kota Langsa Periksa Jajanan Buka Puasa

LANGSA - Ketua Forum Peduli Rakyat Miskin (FPRM), Nasruddin minta Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Langsa dan Koperindag melakukan pemeriksaan jajanan buka puasa yang dijual di Pasar Ramadhan pada beberapa tempat di Kota Langsa. Hal itu penting dilakukan guna memberi jaminan ke-higiniesan makanan atau minuman yang diperjual belikan. 

“Perlu ada pengawasan dari pemerintah melalui instansi terkait. Jangan sampai ada makanan atau menu lain yang sudah tidak layak dikonsumsi namun masih dijual,” ungkap Nasruddin kepada Lintassalah.com, Minggu (26/05/2018), di Langsa. 

Selain jajanan, sambung Nasruddin, instansi terkait juga perlu melakukan pengawasan terhadap 'Mini Market' yang menjaul segala produk bahan makanan. Karena tidak tertutup kemungkinan menjelang lebaran ada produk yang sudah kadar luarsa masih juga di jual kepada masyarakat.

"Dalam pengawasan di lapangan, kami berharap pihak Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) ikut dilibatkan. Jangan hanya sekadar pengawasan menu yang dijajakan, tapi sampai ke proses pengolahan makanan atau minuman yang dijual," pintanya. 

“Ini perlu dilakukan, agar ada jaminan kesehatan bagi masyarakat khsususnya para pembeli," imbuhnya. 

Nasruddin mengimbau kepada semua pedagang untuk selalu memperhatikan kualitas makanan atau menu lain yang dijual ke masyarakat. 

“Begitu juga dengan tempat berjualan, harus bersih dan tak boleh didirikan di sekitar tempat sampah dan berbau,” imbaunya.

FPRM merasa prihatin bila ada pedagang yang menggunakan pewarna kain untuk pewarna makanan dan minuman, begitu juga dengan Borak serta  Formalin ini cukup berbahaya bagi kesehatan masyarkat. 

"Oleh karena itu, Dinas Kesehatan arus segera memeriksa jajanan berbuka puasa, jangan sampai ada korban baru instansi terkait baru bergerak," pungkas Nasruddin.

Sementara itu, dr. Herman, Kadis Kesehatan Kota Langsa saat dikonfirmasi LintasAtjeh.com melalui telepon selularnya tidak ada Jawaban.[Sm]

Baca Juga