Marhaban Ya Ramadhan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1439 H Mohon Maaf Lahir & Batin Minal Aidzin Wal Faidzin.

Jelang Ramadhan, Jajaran Kodim 0107/Asel dan Masyarakat Gotong Royong Bersama

ACEH SELATAN - Bulan suci Ramadhan adalah bulan suci yang sangat dinanti- nanti oleh umat muslim seluruh dunia. Dalam penyambutannya berbagai cara dan kegiatan dilakukan untuk memeriahkannya.

Termasuk salah satunya melaksanakan gotong massal pembersihan lingkungan dan sarana umum serta tempat ibadah yang ada di setiap wilayah.

Seperti halnya yang dilakukan Kodim 0107/Aceh Selatan beserta jajaran Koramil yang tersebar di setiap Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Selatan.


Anggota Koramil jajaran Kodim 0107/Asel bersama masyarakat saling bahu membahu bergotong royong secara serentak membersihkan lingkungan desa, tempat ibadah, jalan raya dan fasilitasi umum di seluruh Kecamatan se Kabupaten Aceh Selatan, Jumat (11/05/2017).

Kegiatan Gotong royong tersebut juga diikuti Muspika dalam beberapa kecamatan. Pelaksanaannya langsung dipimpin oleh unsur pimpinan Muspika plus seperti Camat, Danramil, Kapolsek serta turut dihadir oleh seluruh masyarakat setempat.

Danramil 06/Kluet Utara Kapten Arm Tajudin kepada penerangan Kodim 0107/Asel mengatakan bahwa kegiatan yang terselenggara ini sudah menjadi tradisi masyarakat sejak dulu, apabila menjelang datangnya bulan ramadhan.

"Sudah jadi tradisi kalau datang bulan puasa kita melaksanakan bersih -bersih rumah ibadah dan sepanjang jalan desa," ucapnya.

Menurutnya, kebiasaan seperti ini perlu dilestarikan dan dikembangkan setiap saat karena memiliki makna yang sangat bagus yaitu menjaga persatuan dan kesatuan umat.

"Selain lingkungan bersih, ini juga sebagai wujud pembinaan Binter untuk mencapai persatuan dan kesatuan bangsa serta meningkatkan pertahanan wilayah," terang Kapten Tajudin.

Lanjutnya, namun tujuan yang utama pelaksanaan kegiatan ini adalah persiapan matang dalam menghadapi bulan suci ramadhan sehingga masyarakat proses ibadah nantinya menjadi nyaman dan tentram.

Perlu diketahui, sektor pembersihan terbagi sesuai dengan sasaran yang yang telah disepakati bersama. Di Posramil 11/Kluet Tengah sasaran mereka adalah jalan lintas Kota Fajar - Menggamat tepatnya di Desa Malaka Kecamatan Kluet Tengah.

Koramil 03/Meukek sasarannya adalah Mesjid Desa Ladang Baro, Posramil 11/Kluet Tengah dengan sasaran nya jalan raya Desa Malaka, Koramil 06/Kluet Utara sasarannya Mesjid Desa Simpang Empat Kota Fajar.

Pantauan pendim0107, kegiatan berlangsung sangat kompak dan saling bersinergi antara TNI dan Muspika dan masyarakat. Tidak ada perbedaan kasta dalam melaksanakan aktifitas, semuanya sama dan saling mendukung.

Baca Juga