LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Kamu Harus Tahu! Ini Alasan Rasulullah Menikahi Aisyah

UMMUL Mukminin Aisyah r.a. adalah salah satu diantara istri Nabi shalallahu alaihi wa sallam yang paling istimewa setelah Siti Khadijah r.a. Pasalnya, Aisyah satu-satunya istri Rasulullah yang dinikahi dalam keadaan masih gadis dan paling banyak meriwayatkan hadis beliau.

Sepeninggal istri Rasulullah yang pertama, Khadijah, beliau sempat menikahi Saudah binti Zam’ah, seorang janda berusia 30-an tahun, sebelum akhirnya mempersunting Aisyah.

Rasulullah menikahi Aisyah tepat pada bulan Syawwal tahun ke-10 kenabian di Makkah atau sekitar tiga tahun setelah sang istri pertama, Khadijah binti Khuwailid, wafat.

Mahar yang diberikan Rasulullah untuk Aisyah sebesar 12 uqiyyah atau 400 dirham.

Apa sebenarnya yang membuat Rasulullah mempersunting Aisyah?

Padahal, Rasulullah juga sudah menikahi Saudah binti Zam’ah.

Di sisi lain, sahabat Muth’im bin Adiy juga pernah menanyakan kepada Abu Bakar akan mengawinkan Aisyah untuk anaknya, Jubair, sebelum utusan Rasulullah menanyakan hal yang sama.

Dalam sebuah riwayat, Aisyah pernah mengungkapkan bahwa alasan Rasulullah menikahinya adalah “karena mimpi.”

Suatu ketika, Rasulullah bermimpi didatangi malaikat membawa Aisyah dengan dibalut kain sutera.

Malaikat tersebut mengatakan kepada Rasulullah bahwa wanita yang dibalut kain sutera tersebut adalah istrinya. Mimpi Rasulullah ini berulang hingga tiga kali.

“Jika mimpi ini dari Allah, tentu Dia akan mengabulkannya,” kata Rasulullah merespons ucapan malaikat itu. Benar saja, akhirnya Allah mengabulkannya.

Sebelumnya, Abu Bakar keberatan ketika Khaulah, utusan Rasulullah, datang untuk melamar Aisyah karena Muth’im sudah datang terlebih dahulu.

Namun, setelah mengetahui keburukan keluarga Muth’im, Abu Bakar tidak lagi menghendaki anak lelaki Muth’im untuk menikahi Aisyah.

Alhasil, Abu Bakar mempersilakan Rasulullah untuk menikahi anaknya.

Wallahu a’lam bishawab.[InspiraData]

Sumber: nuorid

Baca Juga