LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Reje Simpang Kemili Terpilih Diduga Kantongi Ijazah Palsu

ACEH TENGAH - Salamsyah Reje terpilih di Kampung Simpang Kemili, Kecamatan Silih Nara, Kabupaten Aceh Tengah, diduga kantongi ijazah palsu paket B setara SMP.

Pasalnya, terbongkarnya dugaan ijazah palsu tersebut berdasarkan surat Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Dedingin, yang ditandatangani Jamri sebagai Ketua PKBM Celala, pada tanggal 14 Mei 2018. 

"Setelah kami kroscek ternyata benar yang bersangkutan tidak tercantum pada entri data PKBM Dedingin. Begitu juga dengan nomor induk peserta dan nomor ijazah berbeda," kata Bohari kepada LintasAtjeh.com, Senin (21/05/2018).

Dimana, kata dia, ijazah paket B itu adalah milik Sukri Yansyah bukan Salamsyah. Ini jelas Reje terpilih mengunakan ijazah palsu. Padahal 5 kandidat awalnya menerima kekalahan.

"Namun, dengan ada kasus ini kami merasa dirugikan terutama pihak panitia P2R yang dinilai tidak netral dan memihak kepada salah satu kandidat," keluh Bohari yang didampangi empat rekannya yakni  Ila, Ulia Hasan, Mukmin dan M.  Nasir Yoga.

Menurut mereka, pihaknya sudah berulang kali melaporkan hal ini kepada pihak kecamatan setempat, bahkan menyurati pihak terkait. Namun hingga saat ini belum ada tindak lanjut.

"Kalau masalah dugaan ijazah palsu tidak diselesaikan dalam waktu dekat warga mengancam akan melaporkan kasus ini ke pihak berwajib," ancam warga seraya meminta agar pelaksanaan Pilkades di kampung tersebut diulang kembali, karena telah melanggar ketentuan dan peraturan.

"Awalnya kami sudah pernah laporan kepada pihak panitia agar persoalan itu segera diselesaikan, tapi pihak panitia tidak mengubris. Malah bersikeras mengusulkan agar Reje terpilih segera dilantik," ungkap Bohari yang diaminkan oleh para kandidat lainnya.

Sementara Camat Silih Nara, Safrizal Edi saat dikonfirmasi  via telpon selulernya kepada LintasAtjeh.com mengatakan pihaknya sudah merima laporan warga dan persoalan itu sudah ditangani. 

Untuk sementara proses pelantikan Reje terpilih Kampung Simpang Kemili ditunda hingga sengketa tersebut selesai.

"Kita belum berani melantik yang bersangkutan Salamsyah. Kendatipun Surat Keputusan (SK) Reje sudah diterbitkan oleh bupati, sebelum masalah ini selesai," terang camat.

Sementara itu, Reje terpilih Salamsyah dan panitia pemilihan Reje (P2R) kampung Simpang Kemili hingga diterbitkan berita ini belum berhasil dikonfirmasi.[Roni]

Baca Juga