-->


Wagub Aceh Ajak Masyarakat Perbanyak Ibadah Selama Ramadhan

31 Mei, 2018, 16.37 WIB Last Updated 2018-05-31T09:37:28Z
PIDIE - Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan bulan suci Ramadhan dengan meningkatkan amal ibadah demi mendekatkan diri kepada Allah.

Hal itu disampaikan Wagub Aceh dalam ceramah singkatnya sesaat sebelum melaksanakan shalat tarawih bersama di Masjid Al Falah, Sigli, Rabu (30/05/2018).

"Sebagaimana sudah sering kita mendengarkan tausiyah dari para ulama, kita saat ini telah berada berada pada fase kedua, yaitu fase maghfirah, atau diberikannya ampunan Allah kepada mereka yang ikhlas beribadah di bulan Ramadhan," ujar Wagub Nova.  

Wagub Nova menjelaskan, fase pertama yaitu rahmah, sudah dilalui. Dan saat ini segera menuju fase terakhir, yaitu Itqum minan nar atau penjauhan dari api neraka.

"Di titik ini, tentu sangatlah layak bagi kita untuk sejenak bermuhasabah, bagaimana ibadah Ramadhan kita selama 14 hari terakhir ini. Hal ini sangat penting kita lakukan, karena jika kita merenungkan kembali apa terjadi di bulan Ramadhan, Allah begitu sayang dengan hamba-Nya yang giat mengerjakan amaliyah Ramadhan," kata Wagub Nova.

Wagub Nova juga mengutip dua hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim yang menjelaskan keampunan bagi muslim yang beribadah di bulan Ramadhan. Selain itu, Wagub Nova juga mengajak masyarakat untuk mengoptimalkan sisa waktu di bulan Ramadhan yang tinggal sekitar 15 hari lagi dengan meningkatkan amal ibadah.

"Termasuk juga di 10 hari terakhir bulan Ramadhan, dimana para ulama telah sepakat bahwa hendaknya kita bisa mencari dan meraih malam lailatul Qadar di 10 hari terakhir bulan Ramadhan," kata Wagub Nova.

Wagub Nova juga mengajak masyarakat untuk menerapkan kebiasaan positif ramadhan pada bulan-bulan lain setelahnya.

"Bagi mereka yang memiliki profesi sebagai aparatur pemerintahan, etos kerja dan semangat Ramadhan hendaknya bisa terus tercermin pada bulan-bulan berikutnya setelah Ramadhan. Hal yang sama juga berlaku pada profesi-profesi lainnya, apakah itu guru, pengusaha dan sebagainya?" ujar Wagub Nova.

"Pada bulan ini, umat muslim juga sangat dianjurkan untuk mengulurkan tangan kepada kepada golongan yang mengalami krisis ekonomi, seperti fakir miskin, yatim piatu, ibnu sabil dan orang-orang yang mengalami kesusahan," tutupnya.[Humas Aceh]
Komentar

Tampilkan

Terkini