LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Bersama Polres Abdya Wujudkan Pilkada Damai

ABDYA - Kepolisian Republik Indonesia Resort Aceh Barat Daya (Abdya), telah membuktikan kinerjanya dalam mengawasi dan mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sejak dari awal dimulainya pada tahun 2006 lalu.

Kapolres Abdya, AKBP Andy Hermawan, SIK,  kepada LintasAtjeh.com, Jum'at (22/06/2018),  menjelaskan kehadiran polisi disana telah mampu merubah sikap dan perilaku masyarakat sebagai penentu kemenangan, kesuksesan dan sebagai penentu Pilkada berjalan aman, damai dan bermartabat. Semua itu tidak lepas dari sikap dan kinerja polisi yang baik dan selalu mengayomi.

Bak kata pepatah "Tiada Gading Yang Tak Retak" begitu juga dengan Pemilihan Kepala Daerah atau lebih dikenal dengan sebutan Pilkada, pasti ada saja keributan dan kesalahpahaman terjadi antar sesama masyarakat pendukung. Namun, menurutnya, polisi hadir sebagai penengah supaya demokrasi milik rakyat itu berjalan sukses sesuai keinginan semua orang.

Lanjutnya lagi, kesuksesan sebuah hajatan besar tidak lepas dari campur tangan pihak-pihak lain salah satunya institusi Kepolisian yang setiap saat mengawasi, mengamankan sejak dimulainya tahapan Pilkada.

Namun demikian, sebut Kapolres lagi, untuk mencapai pemilihan kepala daerah yang aman, tertib dan sukses tanpa ada gangguan keamanan dan kegaduhan antara satu kubu dengan kubu lainnya, maka masyarakat memiliki tanggungjawab yang lebih untuk ikut berpartisipasi dalam hal ini.

"Untuk itu, sesuai fungsi dan tugasnya sebagai aparat hukum dan pengemban kamtibmas, Polri tetap tampil energik berusaha menjamin terciptanya keamanan dan ketertiban dalam situasi damai demi keselamatan masyarakat seutuhnya seperti Pilkada tahun lalu," terangnya.

"Tugas berat untuk sebuah kompetisi besar seperti Pilkada tidak mungkin dipikul oleh Kepolisian saja namun masyarakat sebagai penentu kesuksesan memiliki tanggungjawab dan partisipasinya," ujarnya.

Oleh karena itu, sebutnya, partisipasi masyarakat bukan saja pada kegiatan seperti ini tetapi pada kegiatan lainnya juga peran serta masyarakat sangat dibutuhkan sebagai wujud nyata keikutsertaan dalam berbagai kegiatan demi kepentingan semua pihak.

"Maka dari itu, aman, tenteram, tertib dan damai merupakan dambaan semua orang. Dengan hadirnya Kepolisian dalam sebuah kompetisi besar seperti Pilkada mampu membawa angin kesejukan demi tercapainya Pilkada yang bermartabat sebagai cita-cita dari semua pihak yang terlibat dalam perhelatan tersebut," pungkas Kapolres Abdya.

Sementara itu ditemui di ruang kerjanya terkait Pilkada, Kabagops Polres Abdya AKP Awang Bayu menjelaskan sebagai salah satu institusi negara, Kepolisian juga memberikan beberapa pemahaman kepada masyarakat bahwa Pilkada adalah sebuah kompetisi untuk memilih sosok pemimpin. Oleh karena itu tidak perlu ada pertengkaran karena masing-masing kita ada pilihan sendiri.

Untuk itu, lanjutnya, pada setiap Pilkada, Polri selalu berusaha mengajak masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban. Karena polisi merupakan pengemban kamtibmas bersama dengan aparat keamanan yang lainnya.

Dengan demikian, ajak Kapolres Abdya, mari kita bersama Polri dan Polres Abdya wujudkan Pilkada damai di bawah lambang negara 'Burung Garuda' dengan tetap menjaga kedaulatan NKRI.

"Perbedaan pendapat dalam sebuah kompetisi demokrasi itu biasa tetapi yang lebih luar biasa lagi bagaimana menyikapi perbedaan untuk sebuah persatuan dalam bermasyarakat. Ingat!!! Masing-masing kita ada tanggungjawab," demikian tuntasnya.

Penulis: Lismadi Sadana
Wartawan: LintasAtjeh.com

Baca Juga