LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Ekonomi Aceh Selatan Meningkat Pasca Bangun Dua Cold Storage Untuk Nelayan

ACEH SELATAN - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Aceh Selatan menyebutkan  sejumlah program pembangunan yang telah berhasil meningkatkan nelayan masyarakat.

"Kita telah melakukan pembangunan cold storage atau tempat/ruang penyimpanan hasil tangkapan ikan sebanyak 2 buah," kata Kabid Pengolahan Ikan, Lukman, SH, kepada LintasAtjeh.com, Kamis (07/06/2018).

Dikatakannya, sekarang nelayan sudah dibantu dengan cold storage. Tahun 2016 dibangun di TPI Labuhanhaji dengan kapasitas 50 ton dan 2017 kembali dibangun di TPI Labuhan Tarok Kecamatan Meukek dengan kapasitas 100 ton

Selanjutnya, perlu diketahui pembangunan 2 tempat penyimpanan ikan itu atau disebut dalam bahasa inggris 'cold storage' bersumber anggaran dari APBN. Dengan tujuan untuk menjaga kualitas ikan dan stabilitas harga ikan dipasaran.

"Pemkab Asel juga sudah membangun Sentra Pengolahan Ikan Asin di Kecamatan Bakongan Timur," sebutnya.

Dijelaskannya, pembangunan sarana itu dilakukan dengan tujuan untuk membantu masyarakat dalam pengolahan ikan hasil tangkapan sehingga dapat mewujudkan kesejahteraan dan neningkatkan ekonomi.

Dengan pembangunan itu, sambungnya, sekarang Aceh Selatan dengan hasil produksi ikan beku di Labuhanhaji telah memasarkan sampai ke pulau Jawa.

"Sedangkan ikan hasil produksi pengolahan ikan asin di Bakotim sudah dipasarkan baik dalam Kabupaten Asel, juga kita kirim ke Medan sampai Pekanbaru Riau," pungkas Lukman.[FA]

Baca Juga