LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Kodim 0117/Atam Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila ke-73

ACEH TAMIANG - Komando Distrik Militer 0117 Aceh Tamiang menggelar upacara peringatan 'Hari Lahir Pancasila di Lapangan Makodim 0117/Atam, Kecamatan Kejuruan Muda, Jumat (01/06/2018).

Upacara dipimpin langsung oleh Letkol Inf. Deki Rayusyah Putra, S. Sos, dan dilaksanakan oleh para Personil Kodim 0117/Atam, Para Perwira Staf dan seluruh Anggota serta Danramil se-Kabupaten Aceh Tamiang.

Dalam amanatnya, Pemimpin/Inspektur Upacara (Irup), Letkol Inf. Deki Rayusyah Putra, S. Sos, membacakan amanat Presiden RI, yang intinya pelaksanaan upacara ini bertujuan agar warga negara lebih mendalami, menghayati serta mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pancasila merupakan hasil suatu proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 01 Juni 1945 yang dipidatokan oleh Ir. Soekarna pada piagam Jakarta 22 Juni 1945. 

Diharapkan setiap warga negara perlu belajar dari pengalaman buruk negara lain yang di hantui oleh terorisme, radikalisme, konflik sosial dan perang saudara. Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika kita bisa terhindar dari masalah tersebut.

Oleh karenanya, Inspektur Upacara menambahkan, Pemerintah tetap berkomitmen untuk selalu melakukan penguatan Pancasila dengan pembentukan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila

"Tidak ada pilihan lain selain kita harus saling bahu membahu cita-cita bangsa sesuai dengan nilai pancasila dan seluruh anak bangsa harus menyatukan hati, pikiran dan tenaga untuk persatuan dan persatuan, kembali ke jati diri sebagai bangsa yang santun, berjiwa gotong royong serta bertoleran serta menjadikan Indonesia bangsa yang adil, makmur dan bermartabat," pungkasnya.[ZF]

Baca Juga