LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Luar Biasa! Ratusan Mahasiswa dan Pemuda Nagan Raya Bergabung dengan SPMA

NAGAN RAYA - Ratusan Pemuda dan Mahasiswa Nagan Raya bergabung dalam Sekolah Pemimpin Muda Aceh (SPMA) Wilayah Nagan Raya, saat digelar acara Sekolah Pemimpin Muda di Gedung Aula UPTD Suka Makmue, Nagan Raya, Selasa (19/06/2018).

Turut juga dalam hadir dalam dalam acara SPMA Nagan Raya, Ketua Yayasan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA), Edie Wanda, SE dan seluruh unsur Muspida Nagan Raya, Kasdim Nagan Raya dan Perwakilan Polres Nagan Raya.

Kegiatan Sekolah Pemimpin Muda bertema "Dengan Membangun Karakter Kepemimpinan yang Memiliki Daya Saing Sebagai Agen Perubahan," dihadiri oleh 300 mahasiswa dan pemuda Nagan Raya. Sebagai pembicara dan motivator pemimpin muda yakni dari Senayan, Senator H. Fachrul Razi, MIP, yang merupakan anggota DPD RI Asal Aceh dan juga pendiri Sekolah Pemimpin Muda Aceh (SPMA). 

"Kegiatan ini berlangsung sehari penuh dengan mendatangkan pemateri dari nasional dan kabupaten. Harapannya, kegiatan ini merupakan langkah awal untuk kita lebih maju kedepan. Dan tujuan dasar kegiatan ini adalah menjadikan generasi muda sebagai agen perubahan di masa yang akan datang," jelas Mustaqim selaku ketua panitia.

Sementara Pendiri Sekolah Pemimpin Muda Aceh (SPMA), H. Fachrul Razi, MIP, dalam kuliah umumnya menyampaikan bahwa generasi muda adalah sebagai agen perubahan di masa yang akan datang.

"Oleh sebab itu, kita wajib memiliki konsep diri dalam membangun dan menentukan arah bangsa, baik di masa sekarang dan di masa yang akan datang dalam menghadapi era globalisasi dan generasi revolusi industri 4.0," ujarnya.

Selanjutnya, Fachrul Razi berharap kepada generasi muda yang hadir dalam kuliah umum Sekolah Pemimpin Muda Aceh agar merubah mindset pemikiran menuju generasi yang cerdas dan memiliki keahlian di berbagai bidang. 

"Kita membutuhkan generasi Aceh Gemilang di masa yang akan datang. Generasi yang memiliki kecerdasan leadership dan character building, politik dan hukum, enterpreneurship, komunikasi bahasa dan kecerdasan agama," jelasnya.

Fachrul Razi memberikan motivasi kepada generasi muda Nagan Raya untuk membangkitkan semangat dan potensi utama diri pemuda yang belum dioptimalkan.

"Bangunkan Singa tidur dalam dirimu," teriak Fachrul Razi yang disambut dengan riuh tepuk tangan.

Sementara itu, dalam sambutan sekaligus pembukaan acara Sekolah Pemimpin Muda Aceh, Wakil Bupati Chalidin Oesman, SE, MM, menyampaikan bahwa Kabupaten Nagan Raya hari ini perlu generasi muda untuk merubah Nagan ke arah yang lebih baik. Dikarenakan perubahan Nagan secara khususnya dan Aceh pada umumnya. 

"Masa depan Nagan dan Aceh ada di tangan kalian sebagai pemuda. Maka sudah sepatutnya kalian memikirkan ide, menata konsep dan menentukan pilihan kalian kedepan," jelasnya.

"Kami atas nama Pemerintah Nagan Raya siap mendukung acara mahasiswa dan pemuda," tegasnya disambut tepuk tangan yang meriah. 

Kemudian Penanggung Jawab SPMA Nagan Raya, Jasiran, S.Sos,  mengatakan bahwa seminar ini merupakan langkah awal dalam membangkitkan semangat dan jiwa kepemimpinan generasi muda Nagan Raya kedepan. 

Dalam kesempatan itu juga, Koordinator SPMA Nagan Mustaqim, S.Ked, mengajak generasi muda Nagan Raya untuk terus aktif dan berkiprah di nasional dan internasional. 

Sedangkan Koorwil SPMA Barat Selatan, Misran, SH, mengajak seluruh pemuda untuk memiliki karakter untuk membangun barat selatan. 

"Insha Allah kedepan kita akan mengadakan di beberapa kabupaten lainnya di barat selatan," jelas Misran yang juga mantan Wapres UIN Arraniry.

Diakhir acara, 300 pemuda dan mahasiswa asal Nagan Raya mengucapkan ikrar Pemimpin Muda Aceh anti korupsi, anti narkoba serts anti kebodohan dan bergabung dengan SPMA.[*]

Baca Juga