LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Pangdam IM Tinjau Langsung Lokasi Kebakaran Lahan Bakongan

ACEH SELATAN - Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Abdul Hafil Fuddin, SH, SIP, MH,  meninjau lokasi kebakaran lahan gambut, di Desa Ujung Padang, Kecamatan Bakongan, Kabupaten Aceh Selatan, Selasa (12/06/2018). 

Kedatangan Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Abdul Hafil Fuddin, SH, SIP, MH, disambut langsung oleh Dandim 0107/Asel Letkol Kav Hary Mulyanto dan turut didampingi Danrem 012/TU Kolonel Inf Aswardi, SE, beserta Forkopimda Aceh Selatan. 

Pada saat berbincang-bincang dengan Forkopimda Aceh Selatan, Pangdam Iskandar Muda
mengatakan bahwa lahan gambut tersebut sengaja dibakar oleh pemiliknya untuk memperluas lahan perkebunan.

Oleh sebab itu, ia meminta kepada Sekda Aceh Selatan dan camat setempat untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak membakar lahan sembarangan karena kerugiannya cukup besar bukan hanya material namun sisi kesehatan masyarakat juga akan terganggu. 

"Kalau saya lihat dari atas lahan tersebut bukan hutan tapi lahan perkebunan, sepertinya lahan ini sengaja dibakar oleh pemiliknya untuk memperluas lahan perkebunan. Kelihatan jelas bahwa di sekeliling lokasi lahan sudah dibuat galian parit oleh pemiliknya," kata Pangdam IM. 

Sementara, Sekda Nasjuddin, SH, MH, saat dimintai keterangannya mengatakan akan menindaklanjuti saran dan permintaan dari Pangdam terkait penanganan kebakaran sekaligus pendataan kepemilikan lahan tersebut. 

"Tentunya data-data itu pasti ada di kecamatan, kita akan kroscek data tersebut kepada siapa diberikan hak garap lahan yang terbakar," tandas Sekda.[FA]

Baca Juga