LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Agusni Dimata Kolega

LANGSA - Agusni AH, kini telah dilantik sebagai salah seorang komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Provinsi Aceh periode 2018-2023. Prosesi pelantikan tujuh orang punggawa pemilu di tanah rencong itu,  dilaksanakan di kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Selasa (17/07/2018) kemarin.

Kiprah Agusni dalam kancah kepemiluan terbilang mumpuni. Setidaknya, ia pernah menjadi anggota tim pemilihan anggota DPRD Kota Langsa sekira tahun 2002.

Kemudian, berlanjut sebagai anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Aceh Timur medio 2004-2006. Seterusnya, terpilih sebagai Ketua KIP/KPU Kota Langsa dua periode berturut yakni 2008-2013 dan 2013-2018.


Sepuluh tahun mendedikasikan diri sebagai ketua KIP Kota Langsa tentu bukan perkara mudah. Butuh kepiawaian, dedikasi dan totalitas tinggi dalam melaksanakan agenda pesta rakyat lima tahunan itu.


Disinilah, Agusni mampu membangun komunikasi politik yang baik lagi harmonis dengan semua kalangan. Termasuk, rekan kerjanya sesama komisioner maupun pihak sekretariat KIP setempat yang senantiasa membantu tugas-tugas penyelenggara pemilu.

Lantas, bagaimana tanggapan para koleganya terhadap sosok Agusni AH. LintasAtjeh.com, kali ini mencoba menukilnya lewat Muhamad Dahlan.

Sekretaris KIP Kota Langsa ini punya banyak rekam kenangan bersama Agusni. Betapa tidak, Agusni acap berinteraksi dengan staf sekretariat termasuk Dahlan sapaannya.

Dikatakan Dahlan, sosok Agusni adalah pembimbing. Pemberi motivasi, penemu solusi ketika kebuntuan mendera. Lain itu, militansi dan sangat energik.

"Pak Agusni itu selalu punya cara menyelesaikan masalah yang ada. Tentu, ini tidak dimiliki banyak orang. Apalagi, beliau cakap dalam berinteraksi dan komunikatif," ucap Dahlan tanpa bermaksud memberi penilaian.

"Dari beliau saya dapat banyak pelajaran, khususnya terkait manajemen dan kepemimpinan. Pak Agusni ketika ada suatu hal tetap tenang dan sigap mencari jalan keluarnya," tambah Dahlan.

Ia mengaku, setiap komisioner KIP Kota Langsa memiliki karakter berbeda dan cara yang berbeda pula. Tapi, Agusni mampu mengemas itu menjadi suatu sinergi positif di lingkungan kerja dan dalam pelaksanaan helatan demokrasi.

"Saya begitu nyaman bekerja di KIP Langsa bersama pak Agusni, Ngatiman, Kasrun, Syukri dan Ibu Marida Fitriani. Nyaris hubungan seperti keluarga," ujarnya.

Kini, Agusni telah berkiprah di ibukota provinsi. Dahlan mengucap selamat pada Agusni dan anggota KIP Aceh terpilih yang telah dilantik tersebut.

"Selamat bertugas ditempat yang baru Pak Agusni. Bimbingan dan arahan sangat kami nanti, demi kelancaran kerja dan sukses pemilu di daerah," harap Dahlan yang tahun ini terdaftar sebagai Jemaah Calon Haji asal Kota Langsa itu.[Sm]

Baca Juga