LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Brimob Kembali Amankan Bom di Aceh Timur


ACEH TIMUR - Subden 2 Den B Pelopor kembali amankan sebuah bom jenis Granat Nanas yang ditemukan masyarakat di Gampong Beusa Kecamatan Peureulak Barat, Kabupaten Aceh Timur, Rabu (18/07/2018) sekira pukul 17.30 WIB.

Komandan Kompi (Danki) Subden 2 Den B Pelopor Iptu Yozana Fajri Sidik, SIK kepada LintasAtjeh.com mengatakan bom jenis granat nanas ditemukan Irwansyah (27), warga Gampong Beusa Kecamatan Peureulak Barat di kebun terong yang berada di samping rumah miliknya.

"Menurut keterangan Irwansyah, pada saat dirinya sedang menyiram tanaman terong yang ada dikebun miliknya, secara tidak sengaja menginjak granat tersebut," ujar Yozana.

"Guna memastikan benda tersebut granat atau bukan, Irwansyah menendang benda itu. Kemudian, ia melaporkan kepada abangnya yang bernama Saiful (40), warga Dusun Kuta Dayah, Desa Beusa Seberang, Kecamatan Peureulak Barat," jelasnya.

Kemudian, sambung Yozana, Saiful melaporkan penemuan tersebut ke Polsek Peureulak Barat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Selanjutnya personil Polsek langsung mendatangi TKP penemuan granat dan berkoordinasi dengan Sat Intelkam Polres Aceh Timur. 

Selanjutnya pihak Polres Aceh Timur menghubungi Kompi Brimob untuk memberikan informasi dan dilanjutkan dengan penanganan dalam pengamanan benda tersebut. Pada pukul 17.00 WIB, Personil unit Jibom subden 2 Den B Por Brimob berangkat menuju TKP dan sesampainya di lokasi langsung melakukan pemeriksaan terhadap benda yang diduga bom tersebut.

"Kami langsung bergerak ke TKP untuk mengevakuasi benda yang diduga bom jenis granat nanas tersebut," tegas Danki Brimob.

"Selanjutnya tim jibom mengamankan sebuah bom jenis granat nanas tersebut dan dibawa ke Mako Subden 2 Den B Pelopor untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," imbuhnya.

Yozana menjelaskan, bom jenis granat nanas tersebut diduga peninggalan masa konflik Aceh. Dan tidak menutup kemungkinan masih banyak bom yang tersisa di Kabupaten Aceh Timur.

"Untuk itu, Kami menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dan jika menemukan benda-benda yang mencurigakan agar segera melaporkan ke pihak berwajib," pungkas Danki Brimob Iptu Yozana Fajri Sidik, SIK.[Sm]

Baca Juga