LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Dandim 0117/Atam Beri Pembekalan Wawasan Kebangsaan pada Pelajar SMP Negeri 4 Percontohan

ACEH TAMIANG - Dandim 0117/ Aceh Tamiang Letkol Inf Deki Rayusyah Putra, S.Sos, M.I.Pol memberikan 'Pembekalan Wawasan Kebangsaan' kepada seluruh pelajar SMP Negeri 4 Percontohan. Kegiatan itu dilaksanakan di Aula sekolah tersebut, Desa Tanah Terban, Kecamatan Karang Baru, Kabupaten Aceh Tamiang, Sabtu (21/07/2018). 

Dalam pemberian pembekalan wawasan kebangsaan terhadap murid baru, Dandim 0117/Atam Letkol Inf Deki Rayusyah Putra S.Sos, M.I.Pol menjelaskan arti secara umum pemahaman tentang wawasan kebangsaan. Ia berharap para murid akan mengerti dan tumbuh jiwa nasionalisme.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme kepada siswa-siswi sejak usia dini. Karena kedepan, kalian inilah yang akan menjadi generasi penerus bangsa,” ungkap Letkol Deki.

Selain itu, tambah Dandim, untuk memperdalam makna tentang Wawasan kebangsaan sebagaimana kita ketahui bersama bahwa di sekolah-sekolah jaman sekarang sudah jarang diberikan materi-materi mengenai Wawasan Kebangsaan. 

Letkol Deki juga menjelaskan tentang Empat Pilar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan tiga unsur pokok Wawasan Kebangsaan yaitu Rasa kebangsaan, Paham Kebangsaan, dan Semangat Kebangsaan.

"Wawasan kebangsaan lahir ketika bangsa Indonesia berjuang membebaskan diri dari segala bentuk penjajahan oleh Portugis, Belanda, Inggris, dan Jepang," terangnya.

"Wawasan kebangsaan adalah cara kita sebagai Bangsa Indonesia di dalam memandang diri dan lingkungan untuk mencapai tujuan Nasional yang mencakup perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai kesatuan politik, sosial budaya, ekonomi dan pertahanan keamanan. berpedoman pada falsafah Pancasila dan UUD 1945 atau dengan kata lain bagaimana kita memahami Wawasan Nusantara sebagai satu kesatuan Poleksosbud dan Hankam," imbuh Letkol Deki.

Lanjutnya, Pancasila digunakan agar menjadi dasar dalam mengatur segala bentuk arah dan gerak pemerintahan negara yang bertujuan untuk mengatur setiap penyelenggaraan dalam bernegara.

"Apabila Pancasila sudah di amalkan dalam kehidupan bermasyarakat, di jamin negara yang kita cintai ini akan aman tentram dan sejahtera," pesan Dandim 0117/Atam Letkol Inf Deki Rayusyah Putra S.Sos, M.I.Pol.[Sm/Zf]

Baca Juga