-->








Demi Raih Kesuksesan, 457 Atlet Aceh Besar Uji Kekuatan Fisik

29 Juli, 2018, 21.52 WIB Last Updated 2018-07-29T14:52:53Z
BANDA ACEH - Sebanyak 457 atlet binaan melakukan uji kekuatan fisik dalam rangka meraih suksesnya prestasi pada pelaksanaan Pekan Olahraga Aceh (PORA) XIII 2018, di Stadion Mini Unsyiah, Darussalam, Minggu (29/07/2018).

Ketua Tim Tes Fisik, Dr. Mansyur, M.Kes, disela-sela pelaksanaan tes tersebut, kepada wartawan menjelaskan tes kondisi fisik ini dilakukan untuk melihat sejauh mana ketahanan fisik para atlet yang akan berlaga dalam pesta olahraga empat tahunan yang akan berlangsung 18 hingga 25 November 2018 di Kota Jantho, Aceh Besar. 

"Atlet yang mengikuti tes berasal dari 29 cabang olahraga (Cabor) yang akan diikuti Aceh Besar pada PORA XIII," tuturnya. 

Disebutkannya, ada beberapa aspek yang diuji dalam tes fisik dan itu sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing cabor. Namun, yang utama yaitu uji daya tahan jantung dan paru.

"Untuk daya tahan jantung dan paru juga ada bagiannya, untuk cabor menembak, angkat besi, catur itu hanya di tes dengan jangka waktu tiga menit. Sementara cabor yang lain di tes selama 15 menit untuk kebutuhan bertahan yang lama," ujar Dr. Mansyur. 

Selain itu, ada juga tes kekuatan otot sesuai dengan struktur  peruntukan di masing-masing cabor. Kemudian para atlet juga harus melewati tes lainnya meliputi lari, push-up, shit-up, back-up, kelenturan tubuh. 

"Tes fisik lainnya seperti kekuatan, daya tahan, kecepatan, daya ledak, kelincahan sebagai komponen terpenting dalam olahraga," jelasnya.

Ia menambahkan, hasil dari penjaringan yang dilakukan, pihaknya akan menjadikan sistem degradasi bagi panitia untuk menjaring atlet-atlet yang potensial guna menghadapi PORA pada bulan November mendatang. Menurut informasi yang diperoleh dirinya bahwa hasil tes hari ini dari 457 atlet akan dikurangi sekitar 10 persen. 

"Tes ini mungkin salah satu dari sekian indikator yang menjadi acuan untuk pengurangan bagi atlet yang tidak potensial dan ada beberapa yang tidak datang tes bisa disusul ulang," imbuhnya.

Sementara itu, Sekum PP PORA XIII 2018 T. Dahsya K Putra, juga menyampaikan tes fisik para atlet yang dilakukan merupakan tes lanjutan. Dengan tujuan untuk melihat sejauh mana hasil pembinaan yang telah dilaksanakan oleh pelatih setelah tes fisik sebelumnya . 

"Ini bukan tes terakhir, kami akan mengkaji dan mengevaluasi program-program pelatihan yang diberikan oleh pelatih selama ini. Kita harap hasil ini menjadi acuan tim Pelatda nantinya," tandasnya.[*]
Komentar

Tampilkan

Terkini