-->




Kutukan Tuan Rumah, Spanyol Takluk Adu Pinalti Lawan Rusia

02 Juli, 2018, 01.03 WIB Last Updated 2018-07-01T18:03:41Z
MOSKWA - Timnas Rusia lolos ke babak perempat final Piala Dunia 2018 setelah menyingkirkan Spanyol lewat drama adu penalti dengan skor 4-3 di Stadion Luzhniki, Minggu (01/07/2018).

Eksekutor timnas Spanyol, Koke dan Iago Aspas, gagal mengeksekusi penalti sehingga Rusia unggul pada drama adu penalti kali ini.

Sebelumnya, pada waktu normal dan tambahan waktu, kedua tim bermain imbang 1-1.

Gol bunuh diri bek Rusia, Sergei Ignashevich, pada menit ke-12 membuka keunggulan Spanyol.

Rusia yang terus-menerus menekan akhirnya berhasil menyamakan kedudukan melalui titik putih yang dieksekusi oleh Artem Dzyuba pada menit ke-42.

Untuk pertama kalinya pada Piala Dunia kali ini, pertandingan babak 16 besar berlanjut hingga tambahan waktu dan adu penalti.

Di babak pertama, Spanyol menguasai jalannya pertandingan dengan 72 persen penguasaan bola, sedangkan Rusia hanya mendapatkan 28 persen penguasaan bola. Namun, Rusia lebih banyak mendapatkan peluang, dengan lima peluang, sedangkan Spanyol hanya mendapatkan tiga peluang.

Di babak kedua, Spanyol masih belum bisa membongkar pertahanan Rusia. Hingga akhirnya, pada menit ke-85, Andres Iniesta mencoba melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Igor Akinfeev bisa menahannya dan bola memantul ke Iago Aspas, tetapi gagal dimanfaatkan dengan baik.

Rusia sempat mendapatkan peluang pada akhir laga melalui tendangan Fedor Smolov, tetapi masih melenceng jauh sehingga skor masih 1-1 hingga waktu normal berakhir.

Hingga perpanjangan waktu usai, skor imbang 1-1 tetap bertahan dan laga pun harus dilanjutkan ke adu penalti.

Saat babak adu penalti itu, dua pemain Spanyol, yakni Koke dan Iago Aspas, gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Tendangan keduanya bisa dihalau oleh Igor Akinfeev.

Sementara itu, semua eksekutor dari Rusia sukses menembus gawang dari De Gea. Rusia pun menang dengan skor (4-3).

Dengan hasil tersebut menghantarkan tuan rumah Piala Dunia 2018 itu melaju ke babak perempat final dan akan menghadapi antara Kroasia atau Denmark.[KOMPAS.com]
Komentar

Tampilkan

Terkini