LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Pangdam Iskandar Muda Ikut Kirab Api Obor Asian Games 2018

BANDA ACEH - Kirab Api obor Asian Games 2018 tiba di Kota Banda Aceh setelah kemarin dari Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan. Meski hanya berada beberapa jam saja, arakan Api Obor Asian Games disambut meriah oleh warga Banda Aceh. 

Api Obor Asian Games tiba di Aceh melalui Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Aceh Besar, sekira pukul 10.00 WIB. Kedatangan obor Asian Games ini disambut langsung oleh sejumlah Pejabat Aceh termasuk Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Abdul Hafil Fuddin, S.H, S.I.P, M.H, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Kapolda Aceh, Ketua DPRA, Kakanhan, Bupati Aceh Besar dan sejumlah pejabat lainnya, Rabu (31/07/2018).

Pangdam IM ikut serta dalam lari mengarak obor Asian Games yang dibawa oleh panitia dari simpang Masjid Oman finish di Kantor Gubernur Aceh. Sepanjang rute kirab dipenuhi oleh anak sekolah baik tingkat sekolah dasar sampai sekolah menengah dengan membawa Bendera Merah Putih bercampur dengan warga ibukota Banda Aceh.

Dalam pelaksanaannya, rombongan kirab memperoleh pengamanan dari pihak Polri dan TNI. Tiga Destinasi Wisata di Aceh yang dilewati Kirab Api Obor Asian Games dari bandara kemudian dibawa ke Museum Aceh dan diarak keliling Kota Banda Aceh. Api obor dibawa berlari oleh sejumlah atlet yang dipandu oleh Jenderal Bintang Dua yang merupakan asli orang Aceh.

Pangdam IM didampingi para atlet sebagai pembawa obor berangkat dari Museum Aceh yang berada di samping Pendopo Gubernur Aceh, diarak menuju Museum Tsunami melintasi Masjid Raya Baiturrahman, hingga menuju kantor Gubernur Aceh, yang menempuh jarak 10 kilometer. Warga dan pelajar pun menyambut antusias arakan obor Asian Games.

Setelah tahapan kirab usai, selanjutnya Obor Asian Games akan kembali ke Lanud Sultan Iskandar Muda untuk melanjutkan penerbangan ke Danau Toba, Sumatera Utara. Kondisi ini berbeda dengan sebelumnya yang diinapkan di Gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin.
Kemudian obor akan menyisir ke arah Sumatera bagian Selatan, menyebrang ke Provinsi Banten, Jawa Barat dan DKI Jakarta, tepatnya di Istana Merdeka, 17 Agustus. Sehari berselang, obor kemudian akan disematkan pada pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.[Pen IM]

Baca Juga