LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Saat Babinsa Pasie Raya Bantu Warga Jemur Belimbing Untuk Asam Sunti


ACEH JAYA - Asam sunti/sunti/boh sunti adalah bumbu tambahan khas dalam kuliner olahan makanan Aceh, banyak olahan makanan yang menggunakan sunti sebagai bumbu, meski ada banyak menu yang juga tidak menyertakan sunti.

Sunti adalah belimbing wuluh atau belimbing sayur yang di awetkan dengan proses penjemuran dan penggaraman supaya bisa disimpan lama, bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang, memberi rasa khas dibanding belimbing wuluh segar dan bisa diaplikasikan kedalam beragam olahan makanan

Pembuatan asam sunti bukan hal yang asing bagi masyarakat Aceh Jaya, beberapa warga yang mempunyai waktu luang menyempatkan mengolah asam sunti.

Babinsa Posramil Pasie Raya Kodim 0114/Aceh Jaya Kopda Hendri membantu warga menjemur belimbing untuk dijadikan asam Sunti di Desa Sarah Ray, Kecamatan Pasie Raya, Kamis (19/07/2018).

Penjemuran belimbing ini akan dilakukan beberapa hari kedepan sampai menjadi asam sunti. Nantinya asam sunti yang sudah jadi ini akan dipasarkan ke beberapa desa dalam Kabupaten Aceh Jaya maupun luar Aceh Jaya.

"Saya sedang membantu warga menjemur belimbing untuk dijadikan asam sunti, sudah menjadi kekhasan warga disini menggunakan asam sunti dalam menu masakannya. Beberapa warga memanfaatkan peluang itu dengan membuka usaha pengolahan asam sunti," kata Kopda Hendri.

"Asam sunti ini nantinya akan dipasarkan kembali kepada masyarakat baik dalam Kecamatan Pasie Raya maupun luar daerah," tambah Kopda Hendri.

Lebih lanjut, menurut Kopda Hendri bahan baku membuat asam sunti bukan hal yang sulit di Pasie Raya. Karena rata-rata warga Aceh mempunyai kebiasaan menanam belimbing di pekarangan rumahnya.

"Bahan baku asam sunti tidak sulit, hampir setiap rumah memiliki pohon belimbing dan itu sudah kebiasaan warga disini," pungkas Kopda Hendri.[Pen IM]

Baca Juga