LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Termakan Usia, Rutan Sinabang Sudah Tidak Layak Pakai

SIMEULUE - Kondisi rumah tahanan (Rutan) wilayah Sinabang Kabupaten Simeulue saat ini sudah tidak layak pakai, akibat penuaan dan melapuknya kayu serta seng yang digunakan sebagai dinding bangunan rutan.

Selain sudah sangat tua, penjara tempat para napi mayoritas asal Simeulue ini juga sangat rawan terhadap angin kencang, kebakaran dan pelarian napi.

"Kapasitas rutan ini hanya menampung 55 orang napi, tapi sekarang sudah hampir 80 napi ada disini," kata Kepala Rutan Sinabang Parman.SH kepada LintasAtjeh.com, Senin (09/07/2018).

Dinding rutan ini sekarang sudah sangat tua, sambungnya, karena terbuat dari papan dan dilapisi seng, untung para napi disini bisa kita bina dengan baik sehingga mereka tidak melakukan hal-hal yang tidak diinginkan seperti membakar rutan dan melarikan diri. 

Parman berharap, pihak terkait dan Pemerintah Daerah Simeulue untuk dapat memperhatikan kondisi Rutan Sinabang saat ini yang sudah tidak layak pakai sebagai tempat pembinaan napi.

"Yang kita bina disini mayoritas warga Simeulue bukan Thailand, jadi alangkah baiknya jika Pemda Simeulue ikut memperhatikan kondisi tempat tinggal warga binaan yang sudah rapuh ini," harapnya.[FIR]

Baca Juga