LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Idul Adha 1439 H, Warga Dusun Sa'adah Kota Lintang Berqurban 1 Kambing dan 3 Sapi

ACEH TAMIANG - Orang yang berqurban adalah orang yang berusaha mendekatkan dirinya dengan Allah SWT maupun dengan sesama manusia. Allah SWT berfirman : "maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkurbanlah" (Q.S. 108:2).

Dalam sebuah hadits Rasululullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang memiliki keleluasaan (untuk membeli hewan kurban) lalu tidak melakukannya (tidak berkurban), maka janganlah mendekati tempat shalatku." (HR. Ahmad).

Didasari hal itu, perayaan Idul Adha 1439 Hijriah, para umat Islam di seluruh penjuru dunia yang dianugerahkan rezeki akan melaksanakan ibadah qurban, termasuk warga Dusun Sa'adah, Desa Kota Lintang, Kecamatan Kota Kualasimpang, Aceh Tamiang.

Pantauan LintasAtjeh.com, Kamis (23/08/2018), warga Dusun Sa'adah, Desa Kota Lintang, secara bersama dan saling bahu membahu melaksanakan penyembelihan hewan kurban, sebanyak 1 ekor kambing serta 3 ekor sapi.

Ketua Panitia Qurban Dusun Sa'adah, Desa Kota Lintang, Fadlon SH, kepada LintasAtjeh.com menyampaikan, binatang qurban yang disembelih hari ini berasal dari para warga dusun setempat.

Fadlon yang juga Ketua DPRK Aceh Tamiang turut menjelaskan bahwa pelaksanaan qurban di Dusun Sa'adah, Desa Kota Lintang telang berlangsung selama belasan tahun lalu.

"Ibadah qurban merupakan ibadah sosial bisa memberikan manfaat kepada kaum dhuafa, khususnya di Dusun Sa'adah. Bisa memberikan rasa empati dari masyarakat yang mampu kepada masyarat yang tidak mampu. Selain itu, menimbulkan sifat sosial kaum muslimin bisa berbagi kepada sesama," demikian ungkap Fadlon SH.[ZF]

Baca Juga