LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Macam dan Tipe Netizen, Hayoo Kamu yang Mana?

IST
LANGSA - Di dunia yang teknologinya semakin pesat dan berkembang, banyak akun media sosial yang diciptakan seperti BBM, Twitter, Instagram, Facebook, Path, Linkedin, Whatsapp, Telegram dan yang sudah pasti masih banyak lagi.

Media sosial tersebut diunduh dan dimainkan oleh orang-orang usia muda hingga usia tua. Orang-orang ini biasanya disebut Netizen, secara Netizen dalam arti dapat pula disebut orang-orang yang aktif dalam dunia maya atau internet.

Namun, setiap perselancaran kita di dunia maya, dapat dipastikan kita menemukan macam-macam jenis Netizen yang hilir mudik di setiap akun sosial media. Nah, pada kesempatan ini, penulis akan sedikit membahas macam-macam Netizen jaman now yang mungkin kerap singgah secara sadar atau tidak sadar di akun media sosial kita.

1. Netizen Julid
Pada dasarnya kata julid ini dipopulerkan oleh salah satu penyanyi yang cetar sejagad Indonesia, yakni Syahrini. Kata julid ini sendiri berasal dari kata binjulid, bahasa Sunda. Arti binjulid adalah iri hati atau dengki. Netizen seperti ini sering sekali singgah di akun media sosial dan pastinya meninggalkan kometar-komentar pedas, kasar dan terkadang dapat menimbulkan pertengkaran antar pemilik akun media sosial. Alih-alih mengurusi hidup sendiri namun lebih senang mengurusi hidup orang lain.

2. Netizen Kepo
Netizen kepo, kepo sendiri sering digunakan untuk menyebutkan seseorang yang terlalu penasaran terhadap sesuatu, baik perseorangan maupun hal-hal lain. Biasanya Netizen Kepo ini memiliki lebih dari satu akun, lebih dikenal dengan fake account (akun palsu). Tujuan dari dibuatnya fake account ini biasanya untuk menghindari terungkapnya jati diri dari si orang yang penasaran tadi.

3. Netizen Copas-Share
Ini merupakan Netizen yang tergolong rajin. Bagaimana tidak, Netizen seperti ini kerap copy-paste informasi-informasi yang didapatnya melalui media sosial. Informasi tersebut kerap di share kembali di akun maupun grup-grup media sosial, hal ini sering terjadi di media sosial Whatsapp. Netizen seperti ini sering mengundang tawa, sedih, haru bahkan keributan. Bagaimana tidak terkadang informasi yang dibagikan masih diragukan sumbernya, bahkan tidak tahu menahu asal sumbernya.

4. Netizen Cuek
Netizen seperti ini sulit diketahui keberadaannya, diam-diam tapi ada, diam-diam tapi ghaib. Memiliki media sosial namun tidak muncul atau berkomentar tetapi selalu memantau segala aktifitas media sosial. Sedikit seram namun Netizen seperti ini ada.

5. Netizen Pintar
Netizen seperti ini merupakan Netizen idaman. Kemunculan Netizen pintar ini kerap muncul dengan gagasan, informasi, dan komentar yang sopan serta menarik, bahkan tidak jarang menjadi penengah ketika kisruh terjadi antar Netizen. Biasanya Netizen pintar ini akan membagikan informasi yang update dan terpercaya sumbernya. Namun tidak jarang Netizen seperti ini akan teliti dan tidak sungkan menyakan sumber informasi yang diterimanya.

Kelima macam tipe Netizen tersebut berlalu-lalang di semua jejaring akun media sosial maka dari itu pintar dan bijaklah dalam menggunakan media sosial. Jadilah pelopor 'Netizen Bijak' dalam berjejaring antar media sosial.[Dara]

Baca Juga