LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Mahasiwa Unsyiah Gali Potensi SDA di Pulau Terluar Indonesia Simeulue

SIMEUlUE - Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) bekerja sama dengan kemenko maritim melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik Ekpedisi Nusantara Jaya (ENJ) bertempat di Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue, yang berlangsung 13 Juli hingga 06 Agustus 2018, Sabtu (18/08/2018).

Pada KKN kali ini, mahasiswa disebar dalam 10 desa dimana masing-masing desa ditempatkan 5 orang, tak terkecuali Desa Kota Batu dengan berisikan formasi yang di ketuai oleh Aditya Siddiq dari Teknik Pertanian, Lidra Andrean Kedokteran Hewan, Muhammad Fazzal Arsitektur, Shafira Fathin Farmasi, dan Soufi Elvirawati Budidaya Prikanan.

Lidra selaku mahasiwa KKN, memgatakan dalam pelaksanan program sasaran utama adalah tentang kedaulatan laut dan kemaritiman. Diantaranya yakni sosialisasi tentang kedaulatan laut,  keaneka ragaman ekosistem laut,  tanggap siaga bencana pinggir laut,  pelestarian penyu dan prilaku hidup bersih dan sehat.

"Pengolahan ikan laut, menjadi makanan yang bernilai ekonomis tinggi dan peugleh pasie atau membersihkan lingkungan pantai. Dalam pelaksanaan program kami juga mencari berbagai potensi objek wisata yang ada di desa kota batu," katanya.

Dikatakannya, Desa Kota Batu merupakan desa yang memiliki banyak sekali potensi sumber daya alam yang belum dimanfaatkan dengan baik khususnya dalam bidang peternakan serta pertanian. Selain itu kondisi kebersihan desa juga cukup mengkhawatirkan dengan banyaknya kotoran ternak seperti kerbau, sapi, dan kambing, sehingga banyak warga yang terkena penyakit.
Maka dari itu, Mahasiswa KKN Tematik ENJ Unsyiah yang ditempatkan di Desa Kota Batu melakukan berbagai macam program seperti sosialisasi tentang kesehatan ternak dan hubungannya dengan kesehatan manusia. Sosialisasi potensi pertanian juga melakukan pemberian vitamin kepada hewan ternak, pelatihan pembuatan olahan makanan dari ikan sebagai bentuk kegiatan usaha dengan melakukan pengecekkan kesehatan .

"Kami dari mahasiswa KKN Tematik ENJ Unsyiah melihat banyak sekali SDA yang belum termanfaatkan dengan baik. Dan melihat banyaknya kotoran yang berserakan di jalan. Maka dari itu kami banyak melakukan program untuk menyadarkan masyarakat akan hal hal yang menjadi problem di Desa Kota Batu," Ujar Lidra  mahasiswa KKN ENJ Unsyiah itu.

Selain itu, para mahasiswa yang ditempatkan di Desa kota batu juga mepakukan kegiatan lainya seperti,  lomba mewarnai tingkat SD, pelatihan pertolongan pertama,  membuat perangkap nyamuk dari ragi dan gula aren dan lain sebagainya.[*]
.

Baca Juga