LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Pahlawan Cilik Asal Atambua, Joni Gala Menuju Istana Negara

IST
JAKARTA - Yohanes Andi Gala alias Joni Gala, bocah pemanjat tiang bendera di NTT tiba di Jakarta. Joni datang bersama kedua orangtuanya dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta.

Tak banyak reaksi dari Joni saat tiba di Jakarta. Dia tampil polos dengan menggunakan seragam murid SMP, putih biru.

Joni adalah siswa SMP Silawan yang memanjat tiang bendera setinggi 20 meter untuk membenarkan tali pengikat bendera saat upacara Bendera memperingati HUT ke-73 RI di Pantai Mota'ain, Desa Silawan, Kabupaten Belu, NTT, Jumat 17 Agustus 2018 kemarin.

Rencananya, Joni Gala dan kedua orangtuanya akan ke Istana Negara untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi juga mengundang Joni Gala. Ini sebagai bentuk penghargaan kepada siswa SMP Negeri I Silawan itu.

"Saya akan panggil Joni Gala ke Jakarta, karena inilah sesungguhnya figur dan idola baru kita," tutur dia.

Menurut Imam, perjuangan Joni tidak jauh beda dengan para atlet Asian Games. Joni, berjuang menyelamatkan bendera merah putih. Sedangkan para atlet berjuang meraih prestasi di ajang olahraga.

Aksi Heroik

Video aksi heroik Joni yang memanjat tiang bendera viral di media sosial. Dia memanjat lantaran tali yang digunakan untuk mengibarkan sang saka Merah Putih tersangkut di bagian atas tiang bendera.

Dalam video itu digambarkan tengah berlangsung proses pengibaran bendera. Namun, saat sang saka Merah Putih akan dikibarkan di tiang bendera, tiba-tiba tali pemintas tak bergerak lantaran tersangkut di ujung tiang alias keluar dari as roda.

Tanpa pikir panjang, Joni tiba-tiba keluar dari barisan paduan suara acara tersebut. Dia kemudian memanjat tiang bendera yang cukup tinggi.

Joni menaiki tiang tanpa rasa takut sedikit pun. Kedua kakinya merekat erat tiang yang terbuat dari besi. Meski tiang terlihat bergoyang, dia tetap terus naik hingga mencapai puncak.

Usai membetulkan tali ke posisi semula, dia lantas turun dari tiang. Tepukan tangan bertalu-talu pun terdengar dari peserta upacara yang menyaksikan aksi heroik Joni.[Liputan6]

Baca Juga