LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Pemkab Aceh Selatan Launching Kampanye Measles Rubella

ACEH SELATAN - Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan (Pemkab) laksanakan launching kampaye imunisasi  Measles Rubella (MR), di SMPN 1 Tapaktuan Aceh Selatan, Rabu (01/07/2018).

Pj. Bupati Aceh Selatan Dedy Yuswadi AP, dalam pidatonya yang dibacakan oleh sekretaris daerah Nasjuddin, SH, MH, mengatakan salah satu modal pembangunan yang paling besar adalah sumber daya manusia. Keberhasilan mewujudkan negara yang maju, tangguh dan disegani diperadaban dunia saat ini sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya.

"Oleh karena itu, kita harus berinvestasi dan berusaha keras mewujudkan manusia Indonesia yang sehat, kuat, produktif dan berdaya saing. Upaya ini dilakukan dengan pendekatan siklus kehidupan dimulai sejak fase konsepsi, janin masih dalam kandungan, dilanjutkan setelah lahir, bayi, masa kanak-kanak, remaja hingga masa dewasa dan selanjutnya akan melahirkan generasi penerus bangsa ini," ucapnya.

Berdasarkan amanat dalam uu perlindungan anak no. 35 tahun 2014, katanya, disebutkan bahwa perlindungan anak adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi dan hak-haknya agar dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesuaidengan harkat dan martabat kemanusiaan.

Dalam UU kesehatan no.36 tahun 2009, juga mengamanatkan bahwa imunisasi merupakan hak setiap anak dan pemerintah wajib untuk memberikan imunisasi lengkap kepada setiap bayi dan anak.

"Untuk itu, kita bersama untuk terus melengkapi status imunisasi anak sehingga perlindungan terhadap penyakit melalui imunisasi ini tidak hanya untuk perseorangan tetapi juga memberikan perlindungan dalam kelompok dan masyarakat," sebutnya.

Dijelaskannya, Rubella adalah penyakit yang masih endemis di negara saat ini, dan sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kecatatan pada kelahiran anak secara permanen ketika ibu yang terinfeksi dalam keadaan hamil. Semakin berbahaya lagi, karena penyakit rubella secara umum mempunyai gejalayang ringan sehingga seringkali ibu yang terinfeksi tidak menyadarinya.

Kata Nasjuddin lagi, pemerintah selalu berupaya untuk terus memberikan pelayanan imunisasi terbaik, komprehesif, bermutu dan terjangkau bagi seluruh masyarakat. Pemerintah telah berhasil mewujudkan Indonesia bebas dari penyakit cacar dan polio, menekan lebih dari 99% kasus tetanus maternal neonatorum. 

"Kami sampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Selatan  yang terus berkomimtmen dan memprioritaskan pembangunan kesehatan melalui pencegahan dan pengendalian penyakit," tuturnya.

Seterusnya, juga kepada semua pihak yang telah mendukung dan berperan dalam upaya mencapai eliminasi campak dan pengendalian rubella pada tahun 2020 melalui kampanye imunisasi measles-rubella. 

"Dengan imunisasi ini, mari kita menciptakan generasi yang sehat dan berkualitas. Dan bangsa Indonesia yang produktif dan berdaya-saing tinggi," tutup Nasjuddin.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Sekretaris Daerah Kabupaten, Kadis Kesehatan, Mewakili Kadis Pendidikan Aceh Selatan, dan Unsur Muspika Kecamatan Tapaktuan.[FA]




Baca Juga