LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Sambut Idul Adha Pemkab Atam Hidupkan Kembali 'Tradisi' Takbir Keliling, Sayed Zainal: Terime Kaseh Pemimpen Kami ... !!!

ACEH TAMIANG - Menyambut Hari Raya Idul Adha 10 Dzullhijjah 1439 Hijriah, Selasa (21/08/2018) malam, Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melalui Dinas Syariat Islam, hidupkan kembali 'tradisi' pawai takbir keliling yang sempat ditiadakan tanpa diberitahukan ke pihak publik, pafa malam Idul Fitri 1 Syawal 1439 Hijriah kemarin.

Pawai takbir keliling yang telah menjadi tradisi setiap menyambut hari raya umat Islam tersebut dilepas oleh Wakil Bupati Aceh Tamiang, H.T. Insyafuddin ST, dari halaman Kantor Bupati setempat, sekitar pukul 20.30 WIB. 

Saat melepas para peserta pawai, Wakil Bupati Aceh Tamiang, H.T. Insyafuddin ST, menyampaikan bahwa pelaksanaan pawai takbir sambut Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah merupakan salah satu upaya umat Islam untuk mensyiarkan nilai-nilai Agama Islam. 

Oleh karenanya, pesan Wakil Bupati, melalui pawai takbir Idul Adha tahun ini, hendaknya mampu menumbuhkan nilai-nilai ukhuwah Islamiah dan silaturrahmi diantara kita para umat Islam yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang khususnya.

Rute perjalanan para rombongan peserta pawai takbir keliling, dimulai dari halaman Kantor Bupati Aceh Tamiang, menuju Simpang Tugu Kampung Upah, Kecamatan Bendahara.

Kemudian rombongan peserta pawai melewati kawasan pasar Kampung Simpang Empat, Kecamatan Karang Baru, lalu menuju ke Kota Kualasimpang dan kembali ke halaman kantor Bupati, Kampung Bundar, Kecamatan Karang Baru.

Terlihat di sepanjang rute pawai, masyarakat di kabupaten bergelar Bumi Muda Sedia tersebut, sangat antusias sekali menunggu ditepi jalan untuk menyaksikan kehadiran rombongan pawai yang mengumandangkan alunan suara takbir, tasbih, tahmid dan tahlil.

Di tempat terpisah, seorang aktivis senior di Kabupaten Aceh Tamiang, bernama Sayed Zainal M.SH, memberikan apresiasi dan sampaikan ucapan terima kasih atas sikap bijak Bupati H. Mursil SH, M.Kn dan Wakil Bupati Aceh Tamiang H.T. Insyafuddin ST, karena telah menghidupkan kembali tradisi takbir keliling yang sudah dilaksanakan secara turun temurun oleh masyarakat di Bumi Muda Sedia.

Selanjutnya, Sayed Zainal juga menjelaskan bahwa kegiatan pawai takbir keliling merupakan salah satu budaya atau tradisi dalam mensyiarkan nilai-nilai agama Islam. Sejumlah daerah di Indonesia telah mengagendakan kegiatan takbir keliling sebagai kegiatan resmi yang rutin digelar, sehingga pelaksanaannya akan lebih bermakna, juga akan tertib dan aman.

"Sebagai bagian dari masyarakat Aceh Tamiang, layak saya berikan apresiasi atas sikap bijak Bupati Mursil dan Wabup Insyafuddin karena bersedia memahami tentang kecintaan sebagian besar masyarakat terhadap kegiatan pawai takbir keliling," sebut Sayed Zainal.

"Terime kaseh wahai pemimpen kami, dan berjayelah negeri kami. Selamat Hari Raya Idul Adha 1439H, Mohon maaf lahir dan batin," pungkasnya.[ZF]

Baca Juga