LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Siswa SMK se-Aceh Ikut Kawah Kepemimpinan Pelajar Menuju Pemuda Berkarakter

BANDA ACEH - Sebanyak 230 peserta dari kalangan pelajar dan guru pembina Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Aceh, mengikuti Kawah Kepemimpinan Pelajar (KKP), yang akan berlangsung selama lima hari ke depan atau sejak 2 hingga 6 Agustus 2018. Kawah Kepemimpinan Pelajar (KKP) jenjang SMK ini dibuka Sekretaris Dinas Pendidikan Aceh, Muslem, S.Ag, M.Pd,  atas nama Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Kamis (02/08/2018) malam, di Banda Aceh.  

Ia mengatakan, tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut untuk membentuk pemimpin muda yang berkarakter, patriotik, membentuk pola pikir, sikap perilaku yang mulia, berdayaguna bagi agama, nusa dan bangsa, serta menumbuhkan kebersamaan antar peserta Kawah Kepemimpinan Pelajar (KKP) jenjang SMK ini.

"Dengan demikian diharapkan siswa-sisswi dapat mengasah dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan mental yang baik dalam hal kepemimpinan dan kewirausahaan. Kami yakini putra-putri  ini nantinya akan menjadi seorang pemimpin," katanya.

Menurutnya, hal penting lainnya dalam menghadapi masa depan yang berada pada pusaran arus globalisasi adalah perlu menumbuh kembangkan jiwa dan prilaku saling bekerjasama, tolong-menolong, saling membesarkan dan mampu merajut jaringan yang luas, sinergi dan positif.

"Mengingat karakter bangsa merupakan substansi dalam pembinaan kesiswaan, dirasa perlu untuk membuka ruang dan kesempatan bagi siswa secara bersama-sama menemukan kembali, memberdayakan dan menumbuhkembangkan karakter bangsa sebagai akumulasi dari kreativitas pembinaan kesiswaan yang dilaksanakan di tingkat sekolah," tuturnya. 

Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan bahwa di tengah sorotan terhadap kemandirian dan daya saing bangsa, upaya penemuan kembali, pemberdayaan dan perekayasaan karakter bangsa sebagai langkah strategis dalam pembangunan untuk mencapai masyarakat madani. 

"Subjek terpenting dalam pembinaan karakter bangsa adalah generasi muda, khususnya siswa-siswi yang akan menjadi subjek pembangunan bangsa pada masa mendatang. Kegiatan KKP ini sebagai salah satu wahana dalam mewujudkan agenda prioritas pembangunan ke depan," katanya lagi. 

Selaku pemangku kebijakan pihaknya akan terus bekerja keras dalam penggemblengan diri siswa agar dapat menjadi pribadi yang memiliki karakter kuat, terlatih dan tangkas.

"Kita mempersiapkan generasi unggul yang memiliki karakter hebat, literasi hebat, kompetensi hebat dengan harapan anak-anak sekalian menjadi anak-anak yang tangguh, sehingga nantinya akan menjadi pemimpin bangsa yang berkarakter," tambahnya.

Penyelenggara kegiatan, Teuku Miftahuddin, S.Pd, M.Pd, yang juga Kepala Bidang Pembinaan SMK pada Dinas Pendidikan Aceh, menjelaskan KKP SMK, pelajar dengan berbagai karakter dapat meningkatkan kematangan jiwa dan kestabilan emosi dalam rangka pembentukan sikap dan perilaku terpuji.

"Kegiatan ini juga sekaligus dalam pembentukan sikap/karakter siswa yang mempunyai kehidupan dengan rasa aman, jujur, disiplin, sportifitas, penuh kreatifitas, serta rasa persahabatan dan kebangsaan yang tinggi antar sesama siswa," jelasnya.

Ia menyebutkan, peserta KKP SMK ini nantinya akan dibina oleh dewan juri/wasit yang berasal dari Kwarcab Kota Banda Aceh, Aceh Besar dan Kota Subulussalam.

"Rangkaian kegiatan ini meliputi ice breaking, program motivasi, kepemimpinan, kebangsaan, aksi kreativitas, aksi kepedulian, kedisiplinan, pengukuhan dan penyematan pin serta materi penunjang KK," terangnya.[*/Red]

Baca Juga