LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

MTQ Tingkat Kecamatan Manyak Payed ke VI Resmi Dibuka Wakil Bupati Aceh Tamiang

ACEH TAMIANG - Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Kecamatan Manyak Payed ke-VI tahun 2018, yang dipusatkan di Mesjid Syuhada, Kampung Mesjid, resmi dibuka oleh Wakil Bupati Aceh Tamiang, Senin (10/09/2018) malam.

Pembukaan ajang tahunan syiar Islam di Kecamatan Manyak Payed tersebut akan berlangsung selama 3 (tiga) malam, yakni mulai tanggal 10 sampai dengan 12 September 2018 mendatang. Tampak hadir Wakil Bupati Aceh Tamiang H.T. Insyafuddin ST, Ketua DPRK Fadlon SH, Camat Manyak Payed Wan Irwasyah S.Sos.I, Ketua LPTQ Samsul Rizal S.Ag, M.Ap, Seluruh Kepala Mukim, Tok Imam, Para Datok Penghulu se-Kecamatan Manyak Payed.

Ketua MTQ Tingkat Kecamatan Manyak Payed ke-VI yang bertemakan, "Menggali Minat dan Bakat Prestasi Menuju Generasi Qur’an yang Cerdas, Religius dan Berakhlakul Karimah", Tgk Maulidin S.Pd.I, dalam laporannya menyampaikan, MTQ tahun ini diikuti oleh 57 peserta dan akan menggelar 6 (enam) cabang perlombaan, yakni Tilawati Qur'an, Hifzhil Qur'an, Fahmil Qur'an, Syarhil Qur'an, Khatil Qur'an, serta Musabaqah Makalah Qur’an (MMQ).

Tgk. Maulidin turut melaporkan bahwa dari 58 peserta yang ikut perlombaan, terdiri kafilah Kemukiman Gunung Mesjid sejumlah 20 peserta, Kemukiman Tualang Cut 13 peserta, Kemukiman Raja Tua 3 peserta dan Kafilah Manyak Payed 22 peserta.

Selanjutnya, Ketua LPTQ Samsul Rizal S.Ag, M.Ap, dalam sambutannya, menyampaikan harapannya semoga MTQ yang digelar setiap tahun di Kecamatan Manyak Payed dapat menumbuhkan rasa kecintaan para umat Islam terhadap kitab suci Al Qur'an.

"MTQ adalah bagian dari syiar Islam dan kita harapkan semoga para umat Islam mencintai Al Qur'an sehingga bisa dan tidak pernah lupa membaca Al Qur'an," jelas Samsul Rizal.

Sementara itu, Wakil Bupati Aceh Tamiang H.T. Insyafuddin ST, dalam sambutannya, memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada panitia pelaksana dan semua pihak yang telah menyelenggarakan MTQ Tingkat Kecamatan Manyak Payed ke VI tahun 2018. 

Wakil Bupati juga turut menyampaikan harapannya semoga perhelatan syiar Islam tersebut mampu mencetak para generasi muda yang Qur’ani, yakni generasi yang senantiasa membawa pembaharuan menuju masyarakat yang Islami dan Madani.

"Saya berharap kepada para generasi muda agar dapat menunjukan prestasi yang membanggakan untuk mencapai hasil yang maksimal, agar kedepannya kita bisa lebih baik lagi," demikian disampaikan Wakil Bupati H.T. Insyafuddin ST.

Sebagai bukti terlaksananya secara resmi MTQ Tingkat Kecamatan Manyak Payed ke VI tahun 2018, dilakukan penyerahan piala bergilir oleh Mukim Tualang Cut Sayed Abu Bakar, melalui Camat Manyak Payed Wan Irwasyah S.Sos.I, kepada Datok Kampung Masjid, bernama Muhammad Juned.[ZF]

Baca Juga