LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Peusaba: Efek Perang Global, Aceh Harus Waspada!

BANDA ACEH - Ketua Peusaba Mawardi Usman meminta Pemerintah Aceh mewaspadai efek perang global. Perang masa sekarang adalah perang dalam bidang informasi, ekonomi dan sumber daya alam serta perang pemikiran. 

"Aceh adalah salah satu kawasan yang rawan terdampak efek perang global ini," demikian ujar Mawardi kepada LintasAtjeh.com melalui pesan whatsapp, Selasa (18/09/2018).

Peusaba mengkhawatirkan munculnya penebangan hutan secara meluas yang bisa merusak lingkungan dan juga pengerukan sumber daya alam tanpa memperhatikan lingkungan. 

"Kalau sumber daya habis lingkungan hancur maka Aceh juga akan mengalami bala bencana. Ditambah lagi pemusnahan situs sejarah yang masih terjadi. Jika sampai sumber daya hilang dan sejarah hilang akan membahayakan Aceh bahkan bisa berpotensi menjadi Arakan Rohingya," terangnya. 

Peusaba meminta pemerintah dan rakyat Aceh aktif menjaga khazanah lokal Aceh dan juga sumber daya alam. Pengerukan sembarangan sumber daya alam bisa membuat ekosistem rusak parah dan tidak bisa diperbaiki lagi. 

"Apa artinya sumber daya alam Aceh yang kaya diambil dan dibawa keluar sedangkan Aceh ditinggalkan kosong melompong. Pemerintah dan rakyat harus pro aktif menolak proyek yang merusak lingkungan dan situs sejarah," tegas Mawardi.

Menurutnya, fakta membuktikan kawasan yang menjaga adat istiadat lokal adalah kawasan paling sedikit terkena efek perang global. Peusaba mengajak semua bersatu menjaga khazanah Aceh dan lingkungan Aceh agara situs sejarah Aceh terlindungi dengan baik untuk generasi mendatang.

"Kita harus menjadi inspirator untuk masa depan bangsa kita dengan cara berbuat baik pada semua yang akan kita wariskan pada generasi berikutnya. Agar kelak mereka tidak mengatakan generasi kita generasi yang buruk dan brutal maka kita harus berbenah dari sekarang dalam pantun juga dikatakan pikir dahulu pendapatan sesal kemudian apa gunanya," demikian tegasnya.[Red]

Baca Juga