-->








Raja Aceh Kibarkan Alam Peudeng

11 September, 2018, 22.52 WIB Last Updated 2018-09-11T15:52:26Z
BANDA ACEH - Keturunan pewaris Kerjaan Aceh Darussalam beserta sejumlah Majelis Istiadat Diraja, mengibarkan bendera pemersatu Alam Peudeung berdampingan dengan bendera merah putih dihalaman Istana Adat Kerajaan Aceh Darussalam di Blang Oi, Meuraxa, Banda Aceh, Selasa (11/09/2018).

Pengibaran bendera Alam Peudeung berdampingan dengan bendera Merah Putih tersebut, dilakukan dalam rangka memperingati tahun baru Islam, 1 Muharram 1440 Hijriyah. 

Dimana, hal tersebut sebagai simbol dimulainya kembali gerakan budaya sesuai warisan perjuangan leluhur untuk mengembalikan semangat persatuan dan kesatuan masyarakat Aceh.

"Ini simbol pemersatu. Kita berharap ini awal menyelaraskan kembali warisan budaya yang bersemangat bersendikan Kitabullah dan sunnah Rasulullah," sebut Panglima Besar Majelis Diraja Kerajaan Aceh Darussalam, Muzakir Ridha.

Ia juga menyebut, perayaan tahun baru Islam ini bertujuan untuk mengukuhkan kembali adat Istiadat Atjeh sebagai jati diri masyarakat Atjeh yang mulia dan luhur.

Muzakir menuturkan, bendera alam peudeng merupakan bendera perekat atau pemersatu kerajaan Aceh Darussalam dimasa lalu dan hingga kini terus dipertahankan keberadaannya.

Dia juga berharap agar Pemerintah Aceh dapat menggunakan bendera Alam Peudeng sebagai bendera daerah yang dapat menyatukan semua komponen rakyat Aceh.

Muzakir Ridha menjelaskan, Majlis Istiadat DiRadja Keradjaan Atjeh Darussalam diistiharkan oleh PSB DYMM Tuanku Muhammad (I) ZN sebagai pengemban/pemegang amanah DiRadja Keradjaan Atjeh Darussalam dengan tujuan untuk mengembalikan martabat, kemuliaan dan Marwah Masyarakat Atjeh.

Perayaan ini juga dihadiri oleh para Raja-raja Nusantara, tamu-tamu dari Luar Negeri Korea, Amerika, Malaysia dan masyarakat.[*] 
Komentar

Tampilkan

Terkini