LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Hujan Lebat Guyur Abdya, Sejumlah Rumah Terendam Banjir

ABDYA - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dari sepanjang siang hingga sore hari ini, telah mengakibatkan sejumlah ruas jalan nasional dan rumah warga di Kecamatan Kuala Batee terendam banjir.

"Ada beberapa titik yang terjadi banjir luapan seperti Desa Gelanggang Gajah, Pasar Kota Bahagia, Blang Makmur, Alue Padee dusun Alue Diwi sekitarnya," sebut Camat Kuala Batee, Fauwijah, SP kepada LintasAtjeh.com, Kamis (04/10/2018).

Menurutnya, banjir luapan yang terjadi dibeberapa Desa di kecamatan Kuala Batee, tidak hanya merendam sejumlah rumah warga namun rumah dinas camat dan Kantor Koramil juga terendam air.

Lanjutnya lagi, terjadi banjir luapan disejumlah desa diakibatkan oleh penyempitan sejumlah daerah aliran sungai, gorong-gorong, parit, saluran pembuangan sehingga debit air yang besar tidak mampu tertampung lagi. Untuk mengatasi itu semua dirinya akan berusaha memperbaiki sejumlah daerah aliran sungai agar tidak terjadi lagi banjir luapan seperti hari ini.

"Tadi tim dari Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten juga ikut melihat sejumlah lokasi banjir. Semoga saja pemerintah daerah bisa membantu secepatnya," demikian ungkap Camat Kuala Batee Fauwijah, SP.
Sementara itu, dari pantauan LintasAtjeh.com, dilokasi Gampong Alue Padee tepat di dusun Alue Diwi, banjir setinggi 50 cm menggenangi jalan nasional Meulaboh-Blangpidie akibatnya mobil yang berukuran kecil tidak bisa melintasi jalan tersebut.

"Untuk mobil berukuran sedang dan sepeda motor bisa melewati jalan alternatif dari Gampong Tengah melewati Panton Mue dan keluar  disimpang empat Gampong Alue Padee," sebut Zul salah seorang warga setempat.

Selain jalan yang tergenang banjir sepanjang 300 meter itu, juga puluhan rumah di beberapa gampong di Kecamatan Kuala Batee menggenangi rumah warga setinggi 20 hingga 35 centimeter, hingga saat ini hujan masih mengguyur Abdya.[Adi S]

Baca Juga