LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Saluran Komplek Rumah Dhuafa Semancang Perlu Pelebaran

ABDYA - Saluran pembuang komplek perumahan dhuafa di kawasan Semancang Desa Babah Lhung Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) perlu perluasan karena sering kali direndam banjir luapan.

Hal itu disampaikan Plt Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Abdya, Ir Moch Tavip saat meninjau kawasan tersebut pasca banjir yang terjadi kemarin. Jum'at (05/10/2018).

Menurut Tavip, hasil analisa pihaknya dalam tinjauan bersama BPBK dan Dinas Perkim dan LH serta pihak gampong setempat itu, banjir dikawasan komplek Semancang itu karena saluran air yang menyempit.

"Sejauh ini sejumlah langkah telah diambil baik oleh Pemkab maupun oleh pihak desa setempat. Namun itu belum memberikan hasil yang memuaskan," jelas Moch Tavip.

Disebutkannya, tinjauan itu merupakan langkah yang sekian kali dilakukan, namun saat ini baru ditemukan penyebab utamanya.

"Tim menemukan titik temu yakni saluran pembuangan harus di besarkan, dan ini menjadi solusi terakhir untuk penangulangan," tegas Tavip.

Dilanjutkkannya, saluran pembuang yang ada saat ini memang tidak mampu menampung debit air yang sering sekali membesar bila musim penghujan. Saluran saat ini hanya setengah meter, itu tidak cukup besar menampung debit air, solusinya satu-satunya saluran harus dibesarkan.

Namun, sebutnya, pihak Pemkab tidak bisa mengambil langkah itu, dikarenakan belum ada persetujuan pembebasan tanah dari warga.

"Untuk peluasan saluran yakni setengah meter kiri kanan sepanjang 50 meter, warga harus mau melepaskan tanahnya itu, kita berharap kepala desa bisa memfasilitasi," demikian ungkap Tavip.[Adi S]

Baca Juga