LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Yuk! Tengok Kemanunggalan Babinsa Kodim Aceh Selatan dengan Warga Binaannya

ACEH SELATAN - Serka Dino Siswandi, salah satu Babinsa Koramil 06/Kluet Utara Kodim 0107/Aceh Selatan menyambangi warga desa binaannya di Desa Kotafajar, Kecamatan Kluet Utara, Kamis (04/10/2018).

Warga desa yang disambangi Babinsa tidak hanya kawula muda, rekan kerja, pemangku kepentingan dan lain sebagainya. Akan tetapi orang tua pun menjadi bagian dari perhatian Babinsa.

Dengan kata lain, kemanunggalan TNI dengan rakyat tidak ada batasnya. Seluruh elemen masyarakat harus dapat dirangkul untuk kepentingan pembinaan teritorial.

Dan kegiatan tersebut juga merupakan satu bentuk komunikasi sosial, dimana antara TNI dengan seluruh elemen masyarakat saling berinteraksi sehingga terjadinya suatu pengertian dan pemahaman yang melibatkan emosional.

Seperti halnya yang dilakukan Serka Dino Siswanto Babinsa Koramil Kluet Utara. Kali ini, ia lebih memilih menyambangi seorang nenek tua yang sudah berumur 70 tahun, namanya Nek Masni, warga lorong Mushalla Desa Kotafajar.

"Ini adalah bagian dari komsos kreatif, kita harus berupaya melakukan komunikasi yang berbeda. Selain itu juga ibadah bagi saya karena membuat nek Masni tersenyum bahagia," kata Serka Dino.

Menurut Serka Dino, menghibur dan membuat hati orang tua senang menjadi kepuasan tersendiri baginya dalam melaksanakan tugas di desa binaan.

"Meski Nek Masni bukan siapa-siapa, namun beliau warga saya dan saya menganggap keluarga bahkan seperti orang tua kandung saya," ucapnya.

Dalam suasana penuh keakraban, Nek Masni begitu menikmati perbincangan dengan Serka Dino. Ia larut dalam suka cita dan mendapatkan secercah kebahagian.

Tampak, Nek Masni tersenyum lepas tanpa ada kepalsuan yang terpancar dari raut wajahnya. Di hari tuanya ia merasa masih mendapatkan perhatian luar biasa dari prajurit TNI.

"Nek Masni jangan sungkan untuk menyampaikan kendala dan masalah karena kami Babinsa juga merupakan bagian dari keluarga masyarakat dan kami para Babinsa siap membantu warga," ucapnya saat berbincang dengan Nek Masni.

Sebagaimana pernah disampaikan Presiden Joko Widodo bahwa Babinsa merupakan garda terdepan dalam mengatasi segala hal sekecil apapun di desa dan mampu menyukseskan pembangunan daerah.

Perlu diketahui, dalam membangun komunikasi secara kreatif dan inovatif, Babinsa Kodim Aceh Selatan selalu dibekali dengan kemampuan teritorial sehingga dapat menguasai ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh.

Khususnya bagi aparat satuan komando kewilayahan, melakukan optimalisasi pembinaan teritorial sehingga tercipta kemanunggalan TNI-Rakyat untuk didayagunakan bagi kepentingan pertahanan matra darat.[*/Red]

Baca Juga