-->








Ssssst! Sekarang Pemkot Banda Aceh Miliki Mobil Pemadam Kebakaran Canggih

17 Desember, 2014, 18.21 WIB Last Updated 2014-12-17T13:06:36Z
BANDA ACEH - Pemerintah Kota Banda Aceh memiliki satu unit armada pemadam kebakaran canggih seharga Rp 17 miliar. Mobil yang dibeli oleh Pemerintah Aceh melalui Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) ini dapat memadamkan api meski tanpa ada petugas di atas tangga.

Mobil pemadam kebakaran modern yang dirakit dengan menggunakan Chassis Volvo dari Swedia resmi diserahkan pada Pemerintah Kota Banda Aceh di depan kantor Gubernur Aceh. Pada saat penyerahan, juga digelar demontrasi menyemprotkan air dari ketinggian sekitar 33 meter. Armada Damkar tersebut dilengkapi tangga lipat dan kamera CCTV sebagai water monitor di ujung tangga.

Gubernur Aceh, Zaini Abdullah, mengatakan, mobil pemadam kebakaran yang dibeli seharga Rp 17 militer tersebut dirancang dengan mengutamakan keselamatan operator dan korban dengan efektivitas yang sangat tinggi. Mobil ini merupakan yang tercanggih di Sumatera.

"Yang sudah miliki mobil pemadam canggih seperti ini DKI Jakarta dan Banda Aceh," kata Zaini kepada wartawan, Rabu (17/12/2014).

Armada Damkar tersebut memiliki spesifikasi mesin kendaraan 370 HP, 6X4R, 11000 CC, dan dilengkapi sistem komputerisasi canggih. Untuk material tangga dibuat dari baja berkekuatan tinggi yang diimpor dari Amerika.

"Jadi selain bisa sebagai evakuasi di gedung tinggi juga bisa digunakan sebagai jembatan untuk keadaan darurat," jelasnya.

Menurut Zaini, mobil pemadam tersebut juga dilengkapi pompa pemadam yang dibuat di Amerika dengan kapasitas pompa maksimal 5000 liter permenit dan berkekuatan semprot sampai 30 bar. Mobil ini dilengkapi dengan tangki air 1500 liter dan tangki foam 500 liter untuk pemadaman air dan busa.

"Pada mobil canggih ini terdapat tangga yang dapat menjulur hingga mencapai titik api tanpa ada operator yang berada di dekat water monitor," ungkap gubernur.

Sementara itu, Walikota Banda Aceh, Illiza Saaduddin Djamal, mengatakan, Pemerintah Kota Banda Aceh saat ini masih membutuhkan mobil tangki untuk membantu mobil tangga tersebut. Hal itu karena kapasitas tangki Damkar seharga 17 miliar ini hanya 1.500 liter.

"Mobil ini baru lengkap jika ada mobil tangki lagi. Tapi itu sudah kami sampaikan pada pak gubernur," kata Illiza.(Detik)







Komentar

Tampilkan

Terkini