-->








Wow, Penyelam Temukan Hutan 10.000 Tahun

27 Januari, 2015, 07.04 WIB Last Updated 2015-01-27T00:04:51Z
Banyak penemuan hebat bahkan ajaib bermula dari sebuah ketidaksengajaan, salah satunya adalah yang dialami oleh penyelam bernama Dawn Watson. Wanita setengah baya itu menemukan sebuah hutan pra sejarah saat asyik melakukan diving.

Di awal tahun ini, Watson bersama rekannya, Rob Spray, kaget setelah menemukan hutan Eropa yang hilang saat melakukan penyelaman di kedalaman 300 di sekitar Laut Utara, bagian samudra Atlantik yang berada di sekitar Inggris Raya.

Awalnya, wanita yang juga merupakan anggota peneliti dunia laut lokal itu melihat sebuah batang pohon raksasa sepanjang delapan meter di perairan yang masih masuk kawasan hutan lindung Norfolk tersebut.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, terdapat sisa-sisa tumbuhan lain di daerah itu. Para ahli geologi, percaya bila batang pohon itu adalah bagian dari hutan Norfolk yang telah tenggelam dan tersembunyi sejak zaman es.

"Saya tidak percaya ketika pertama kali melihatnya. Saat itu perairan dekat pantai cukup keruh, sehingga saya memutuskan untuk menyelam hingga kedalaman 300 meter. Lalu, saya melihat sebuah kayu, yang setelah saya menyelam lebih jauh terlihat bila kayu itu adalah batang pohon besar yang ujungnya dipenuhi ranting," ujar Watson, Daily Mail (25/01).

Peneliti yakin bila kemunculan dari batang pohon yang diperkirakan berusia 10.000 tahun itu baru saja terjadi di akhir tahun 2014. Sebuah badai dahsyat saat musim dingin lalu dipercaya membuat lapisan 'kotoran' yang menutupinya hilang.

Rekan dari Watson, Rob Spray, yang ikut dalam penyelaman mengatakan bila bekas hutan tersebut sangat luas, mencapai ratusan mil atau membentang hampir sepanjang Eropa.

"Hutan itu mirip dengan hutan yang digambarkan di film 'The Lord of the Rings', yang membentang hingga ratusan mil. Hutan seperti ini sudah tidak bisa ditemukan di negara ini. Tak heran bila ahli geologi menyebutnya sebagai penemuan ajaib," kata Spray.

Kedua penyelam tersebut rencananya akan melakukan survei dan penelitian lanjutan bersama ahli geologi untuk mencari tahu luas asli dan fosil hewan dari hutan 'tenggelam' tersebut.

"Hutan itu sangat menarik, dan berpotensi menyembunyikan banyak fosil gajah purba 'mammoth' atau hewan laut lain," tambah Spray. [dailymail/merdeka]
Komentar

Tampilkan

Terkini