-->

Aceh Utara Hanya Menyediakan Rp4 M per Tahun untuk Pembangunan Jalan

03 Februari, 2015, 16.56 WIB Last Updated 2015-02-03T12:24:12Z

LHOKSUKON - Untuk membangun jalan yang rusak parah di berbagai titik Kabupaten Aceh Utara butuh waktu yang sangat lama dan memakan anggaran yang sangat banyak. Namun anggaran yang ada saat ini hanya sekitar Rp 4 Miliar tiap tahunnya.

Demikian hal itu dikatakan Kepala Bidang Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga Aceh Utara, Ir. Hasanuddin MT, Selasa (3/2/2015).

“Bagaimana mau kita bangun semua jalan yang rusak di Aceh Utara, karena butuh waktu puluhan tahun dan anggaran yang sangat banyak dibutuhkan. Sedangkan anggaran yang ada pada kita hanya empat miliar setiap tahunnya. Maka demikian kita tak sanggup untuk membangun semua jalan yang rusak,” kata Hasanuddin saat ditemui diruang kerjanya.

Sementara Pemkab Aceh Utara kata dia masih kesulitan anggaran untuk pembangunan jalan sepanjang 2.526,33 km, yang membutuhkan triliunan rupiah. Namun pihaknya juga sedang mengusulkan anggaran untuk jalan yang kondisinya baik, sedang dan rusak parah. Kondisi jalan rusak parah dirincikan 52,42 persen total parah.

“Masyarakat jangan terlalu mendesak dinas setempat, karena kami juga sedang mengusulkan anggaran yang mencapai hingga triliunan rupiah. Lagi pula tidak mungkin jalan sepanjang itu di bangun seluruhnya, dan butuh waktu yang cukup lama,” tambah Hasanuddin. Menurutnya,  jalan yang hancur di sebabkan mobil truk yang bermuatan melebihi target kerap melintas untuk kepentingan proyek.

Berkaitan dengan persoalan ini, pihaknya juga sedang membahas anggaran untuk perbaikan beberapa titik ruas jalan yang rusak parah akibat terjangan banjir akhir tahun 2014 lalu. Kerugian menurutnya mencapai sekitar Rp 500 Miliar. [rul]
Komentar

Tampilkan

Terkini