-->

Mahasiswa Ilmu Politik se Indonesia Buat Kongres di Padang

18 Februari, 2015, 18.29 WIB Last Updated 2015-02-18T11:29:26Z
PADANG - Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar), menggelar kongres mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Politik seluruh Indonesia mulai Senin (16/2) hingga seminggu ke depan yang berlangsung di Kota Padang, Sumatera Barat.

Sekretaris jendral ilmu politik Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara, Fakhrur Razi, mengatakan kongres ini merupakan yang pertama di Indonesia dan Unand mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah pertama.

Dia menyebutkan, sebanyak 13 perguruan tinggi mengirimkan delegasinya dalam kongres mahasiswa ilmu politik Ini. Ketigabelas perguruan tinggi itu katanya antara lain Unand, Unair, Unhas, UI, Universitas Islam Negeri Jakarta, ISIP Jakarta, Unimal, Unive Muhammadiyah Jakarta, Unpad. Kemudian ada Universitas Sumatera Utara, Unsyiah, dan Universitas Tanjung Pura Banjarmasin.

"Selama kongres ini para delegasi ini membahas berbagai persoalan politik yang sedang hangat di Tanah Air," ujar Fahrur, Rabu (18/2).

Beberapa persoalan itu seperti mengenai perselisihan antar aparat pemerintah. Atau persoalan politik yang melibatkan aparat dengan masyarakat, dan Unimal juga sempat membahas tentang undang-undang pemerintahan Aceh.

"Hasil dari kongres ini nantinya akan menjadi suatu rujukan untuk mencari solusi atas permasalahan politik tersebut," tukasnya

Selain itu, kongres ini juga mencari satu suara bagi mahasiswa seluruh Indonesia untuk mendukung politik bersih.

Sementara itu Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas, Nusyirwan Effendi mengatakan bahwa adanya kongres ini menjadi bukti peranan mahasiswa dalam mengawal jalannya politik pemerintahan di Indonesia.

Menurutnya dalam hal ini mahasiswa memang perlu memberikan sumbangsih pemikiran tentang pemecahan masalah bangsa. "Sebab dari mahasiswa inilah nantinya akan bermunculan cikal bakal pemimpin masa depan negara," pungkasnya. [01]
Komentar

Tampilkan

Terkini