-->








Bapeluh Atim Didesak 'Ganti' Kepala BPP Sungai Raya

12 April, 2015, 22.40 WIB Last Updated 2015-04-13T09:44:09Z
ACEH TIMUR - Ironis, Kepala Badan Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Aceh Timur, Samsul Bahri, S.ST, telah menjadi oknum abdi negara yang dibenci oleh sebagian besar unsur masyarakat di kecamatan setempat.

Anehnya, kebencian terhadap Samsul Bahri bukan saja muncul dari unsur kelompok tani, namun seluruh geuchik (kepala desa_red), yang bernaung dibawah Organisasi Forum Komunikasi Geuchik Kecamatan Sungai Raya turut menyatakan sikap tidak senang terhadap berbagai ulah oknum Kepala BPP tersebut.

"Pada tanggal 24 Februari 2015 kemarin, Organisasi Forum Komunikasi Geuchik Kecamatan Sungai Raya telah melayangkan surat kepada Kepala Badan Pelaksanaan Penyuluh Pertanian Kabupaten Aceh Timur. Adapun isi surat tersebut, meminta kepada pihak terkait agar segera menggantikan Kepala BBP Sungai Raya," ungkap Ketua Forum Geuchik, Usman Muhammad, kepada lintasatjeh.com, Minggu (12/4/2015). 

Dianya menambahkan bahwa alasan utama bagi pihak Forum Komunikasi Geuchik Sungai Raya mendesak Kepala Bapeluh Atim untuk memindahkan Samsul Bahri, S.ST, sangatlah jelas tertera pada surat yang ditandatangani oleh seluruh geuchik di Kecamatan Sungai Raya.

"Selama menjabat Kepala BPP Sungai Raya, Samsul Bahri telah banyak membuat kesalahan, diantaranya mempersulit rekomendasi kelompok tani, contohnya salah satu rekom Kelompok Tani Nelayan Mandiri Jaya, Desa Paya Keutapang, tidak ditandatangani oleh Samsul," ungkapnya.

"Kemudian, bantuan bibit tanaman buah-buahan pekarangan untuk 5 kelompok tani/desa yang seharusnya mendapat 250 batang per kelompok, namun saat itu hanya 150 batang saja yang diterima oleh setiap kelompok (penyaluran melalui KTNA, Agus T_red)," imbuhnya lagi.

Selain itu, Samsul juga berupaya memindahkan tenaga ADM dengan cara meminta tandatangan para pegawai BPP setempat. Kemudian, dia juga menyuruh pindah pegawainya dari rumah dinas yang ada di lingkungan Kantor BPP, lalu ditempati oleh pihak luar yang tidak jelas statusnya. 

"Hubungan komunikasi antara Samsul dengan seluruh geuchik se Kecamatan Sungai Raya tidak baik, serta seluruh kegiatan di Kantor BPP tidak transparan dan diduga penuh dengan unsur manipulasi," beber Usman Muhammad.

Ketua Forum Komunikasi Geuchik Kecamatan Sungai Raya juga menjelaskan bahwa masih banyak kesalahan lain dari Samsul Bahri yang belum di uraikan secara terperinci. Oleh karenanya, dirinya harapkan kepada Kepala Bapeluh Atim agar segera mengabulkan permintaan untuk menggantikan Kepala BPP Kecamatan Sungai Raya.

"Kami dari seluruh geuchik se Kecamatan Sungai Raya sangat berharap agar Kepala Bapeluh Atim tidak mempersulit permintaan kami, karena segala permasalahan Samsul Bahri, S.ST, selama dikecamatan kami dan juga dikecamatan lainnya, seperti di Indra Makmu, Darul Falah serta Birem Bayeun, sudah kami data semuanya," tandas Usman Muhammad.

Saat diberitakan, Kepala Bapeluh Aceh Timur, Lukman SIP MAP, belum dapat dikonfirmasi. [ar]
Komentar

Tampilkan

Terkini